HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD SKB GUDO JOMBANG
THE RELATIONSHIP OF PARENTING PATTERNS WITH THE INDEPENDENCE OF CHILDREN AGED 4-6 YEARS AT PAUD SKB GUDO JOMBANG
Pendidikan pertama dalam keluarga yaitu orang tua menjadi sumber utama pendidikan dengan mengajarkan pola asuh, sikap, dan perilaku sehari-hari di lingkungan keluarga. Pola asuh mencakup sikap orang tua dalam berinteraksi, memberikan arahan, dan memberi pendidikan kepada anak-anak setiap hari. Pola asuh merupakan serangkaian interaksi intensif di mana orang tua memandu anak-anak untuk memiliki keterampilan hidup. Pola asuh merujuk pada cara orang tua berinteraksi, memberikan arahan, dan memberikan pendidikan kepada anak-anak setiap hari. Pengembangan kemandirian sejak usia dini sangat penting pada anak-anak memilih kegiatan tertentu, mereka mengembangkan kemampuan dan melatih semua kreativitas. Kemandirian adalah upaya individu dalam perkembangan pribadi yang berkembang melalui pengalaman dan pembelajaran individu. Ini mencakup kemampuan untuk berpikir, emosional, dan tingkah laku secara mandiri tanpa bergantung pada orang lain. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia 4-6 tahun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket, dan dokumentasi. Responden pada penelitian yakni orang tua peserta didik yang berjumlah 40 orang tua. Pada uji validitas dan reliabilitas dengan rumus SPSS 23.0 dengan tingkat signifikan 5%. Selanjutnya uji normalitas dan linieritas denagn rumus Kolmogorov-smimnov dengan signifikan < 0,05% pada SPSS 23.0. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis statistik inferensial rumus Korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian ini dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia 4-6 tahun memperoleh tingkat koefisien korelasi senilai 0,530 dengan signifikan sebesar 0,000 (P<0,05) yang artinya bahwa pola asuh orang tua memiliki hubungan yang cukup terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun. Dapat disimpulkan bahwa hubungan ini menunjukkan tingkat hubungan yang cukup berarti pola asuh yang orang tua terapkan memberikan peran dalam membentuk kemandirian anak karena terbukti melalui pola asuh yang tepat anak mendapatkan pendidikan pertama dan bekal dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Pendidikan, Pola asuh Orang tua, Kemandirian Anak.
The first education in the family is that parents are the main source of education by teaching parenting patterns, attitudes and daily behavior in the family environment. Parenting styles include parents' attitudes in interacting, providing direction, and providing education to children every day. Parenting is a series of intensive interactions in which parents guide children to acquire life skills. Parenting style refers to the way parents interact, provide direction, and provide education to children every day. The development of independence from an early age is very important in children choosing certain activities, they develop their abilities and exercise all creativity. Independence is an individual's effort in personal development that develops through individual experience and learning. This includes the ability to think, be emotional, and behave independently without depending on others. This research aims to determine the relationship between parenting styles and the independence of children aged 4-6 years.
This research uses a quantitative approach using questionnaire data collection techniques and documentation. Respondents in the research were 40 parents of students. In the validity and reliability test using the SPSS 23.0 formula with a significance level of 5%. Next, test normality and linearity using the Kolmogorov-smimnov formula with significance < 0.05% in SPSS 23.0. Then the inferential statistical hypothesis testing is carried out using the Pearson Product Moment Correlation formula. The results of this research using hypothesis testing show that parenting patterns with the independence of children aged 4-6 years obtained a correlation coefficient level of 0.530 with a significance of 0.000 (P<0.05), which means that parenting patterns have a sufficient relationship with independence. children aged 4-6 years. It can be concluded that this relationship shows a significant level of relationship. The parenting style that parents apply plays a role in shaping children's independence because it is proven that through proper parenting, children receive first education and provision in everyday life.
Keywords: Education, Parenting styles, Children's independence