Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA
Physics Learning With The Problem Based Learning (PBL) Model To Improve Students' Critical Thinking Skills
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik; mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menerapkan model PBL; dan mendeskripsikan responss peserta didik terhadap pembelajaran fisika dengan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor di SMA Dr. Soetomo Surabaya. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan menggunakan 3 kelas yaitu kelas eksperimen pada kelas XI-1, kelas replikasi 1 pada kelas XI-2, dan kelas replikasi 2 pada kelas XI-3 dengan total 107 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji statistik berupa uji t-berpasangan, uji n-gain , dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran fisika dengan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik terlaksana dengan kategori sangat baik dengan nilai 3,7 untuk kelas eksperimen, 3,7 untuk kelas replikasi 1, dan 3,8 untuk kelas replikasi 2. Terdapat peningkatan secara signifikan pada α = 0,05, dan tidak ada beda pada kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2. Hasil nilai N-gain pada kelas eksperimen dengan nilai 0,586 dalam kategori sedang, pada kelas replikasi 1 dengan nilai 0,590 dengan kategori sedang, dan pada kelas replikasi 2 dengan nilai 0,637 pada kategori sedang. Respons peserta didik terhadap pembelajaran fisika dengan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik mendapatkan rerata persentase sebesar 78,6%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada ketiga kelas yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai post-test yang signifikan dengan a = 0,05, dengan rerata nilai n-gain berkategori sedang, dan konsisten pada ketiga kelas.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis.
This research aims to describe the implementation of learning using the problem based learning (PBL) model to improve students' critical thinking skills; describe the increase in students' critical thinking skills after implementing the PBL model; and describe students' responses to physics learning using the PBL model to improve students' critical thinking skills on temperature and heat material at Dr. High School. Soetomo Surabaya. The research design used was pre-experimental using 3 classes, namely the experimental class in class XI-1, replication class 1 in class XI-2, and replication class 2 in class XI-3 with a total of 107 students. The data collection methods used were observation, tests and questionnaires. Improving critical thinking skills was analyzed by carrying out prerequisite tests, namely the normality test and homogeneity test, then statistical tests were carried out in the form of paired t-tests, n-gain tests, and ANOVA tests. The results of the research show that physics learning using the problem based learning model to improve students' critical thinking skills was carried out in the very good category with a score of 3.7 for the experimental class, 3.7 for replication class 1, and 3.8 for replication class 2. There was an increase significantly at α = 0.05, and there is no difference in the experimental class, replication class 1, and replication class 2. The results of the N-gain value in the experimental class are 0.586 in the medium category, in the replication class 1 with a value of 0.590 in the medium category. moderate, and in replication class 2 with a value of 0.637 in the medium category. Student responses to physics learning using the PBL model to improve students' critical thinking skills obtained an average percentage of 78.6%. It can be concluded that the application of the problem based learning model can improve critical thinking skills in the three classes as indicated by a significant increase in post-test scores with a = 0.05, with an average n-gain value in the medium category, and consistent in the three classes.
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Critical Thinking Skills