Kemampuan motorik kasar sangat penting bagi anak usia dini. Salah satu kegiatan untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak adalah musik dan gerak. Berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kesiman Mojokerto dalam kegiatan motorik kasar masih kurang. Hal ini terlihat ketika anak diminta untuk melompati tali yang diikat pada kursi masih banyak yang belum melakukan dengan tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh musik dan gerak terhadap kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experiment Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini menggunakan seluruh anak kelompok A di TK Dharma Wanita Kesiman Mojokerto dengan jumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Kegiatan musik dan gerak yang digunakan untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak dilakukan 4 kali perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum perlakuan 5,77, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah perlakuan 9,55. Uji hipotesis melalui uji wilcoxon diperoleh nilai sig = 0,000 < alpha (0,05) sehingga diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan musik dan gerak berpengaruh positif terhadap motorik kasar sehingga gerakan anak menjadi lebih terarah dan harmonis mengikuti tempo dan ritme musik yang di dengarkan. Musik dan gerak juga dapat digunakan sebagai kegiatan yang lebih efektif untuk proses pembelajaran motorik kasar pada anak kelompok A.
Kata Kunci: Musik dan Gerak, Kemampuan Motorik Kasar.
Gross motor skills are very important for early childhood. One activity to stimulate a child's gross motor skills is music and motion. Based on the results of observations on children of group A TK Dharma Wanita Kesiman Mojokerto in gross motoric activities there is still less. This was seen when the children were asked to jump over the straps tied to the chairs, many of which had not done it properly.
This study aims to determine whether there is influence of music and motion on gross motor skills in group A children. This study uses quantitative descriptive research with the type of Pre-Experiment Design research designed by One-Group Pretest-Posttest Design. The target of this study used all children in group A in Dharma Wanita Kesiman Mojokerto Kindergarten with 22 children. The technique of collecting data uses observation and documentation. Music and motion activities used to stimulate the gross motoric abilities of children are carried out 4 times.
Based on the results of the average study before treatment 5.77, while the results of the study averaged 9.5.5. Hypothesis testing through Wilcoxon test obtained sig value = 0,000 <alpha (0.05) so it was decided to reject Ho and accept Ha. These results indicate that music and motion activities have a positive effect on gross motor skills so that children's movements become more directed and harmonious according to the tempo and rhythm of the music heard. Music and motion can also be used as more effective activities for the process of gross motor learning in children in group A.
Keywords: Music and Motion, Gross Motor Skills.