Penalaran Analogi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open-Ended
Analogical Reasoning of Junior High School Students in Solving Open-Ended Mathematics Problems
Penalaran analogi memiliki peranan penting dalam matematika terutama dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi peserta didik SMP dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta didik kelas VIII SMP, pemilihan subjek menggunakan purposive yang mewakili setiap kategori berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas penalaran analogi dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan empat tahapan penalaran analogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori penalaran analogi peserta didik ketika menyelesaikan masalah sumber closed-ended dan masalah target open-ended, yaitu: (1) Peserta didik dengan langkah penyelesaian serupa menyelesaikan masalah open-ended dengan menyebutkan dan memahami semua informasi serta menyimpulkan materi pada kedua masalah, menemukan kemiripan pada kedua masalah dengan memetakan karakteristik masalah sumber ke masalah target, menerapkan semua proses penyelesaian pada masalah sumber ke masalah target, dan memeriksa kembali serta meyakini penyelesaiannya; (2) Peserta didik dengan beberapa dengan langkah penyelesaian serupa menyelesaikan masalah open-ended dengan menuliskan serta memahami semua informasi namun tidak menyimpulkan materi, menemukan kemiripan pada kedua masalah pada garis besar masalah dan penyelesaiannya dengan memetakan karakteristik masalah sumber ke masalah target, menerapkan beberapa proses penyelesaian pada masalah sumber ke masalah target, dan memeriksa kembali namun kurang meyakini penyelesaiannya. Hasil Penelitian ini dapat digunakan pendidik sebagai acuan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah open-ended melalui penalaran analogi.
Analogical reasoning has an important role in mathematics, especially in solving problems. This study aims to describe the analogical reasoning of junior high school students in solving open-ended mathematics problems. The type of research used is descriptive with qualitative methods. The subjects in this study were 29 students of class VIII junior high school, the selection of subjects using purposive which represents each category based on the data obtained. Data collection techniques using analogical reasoning tasks and interviews. The data were analyzed based on the four stages of analogical reasoning. The results showed that there were two categories of students' analogical reasoning when solving closed-ended source problems and open-ended target problems, namely: (1) Learners with similar solution steps solve open-ended problems by mentioning and understanding all information and summarizing the material in both problems, finding similarities in both problems by mapping the characteristics of the source problem to the target problem, applying all the solution processes in the source problem to the target problem, and re-examining and believing the solution; (2) Learners with some similar solution steps solve open-ended problems by writing and understanding all information but not summarizing the material, finding similarities in both problems in the outline of the problem and solving it by mapping the characteristics of the source problem to the target problem, apply some of the solution processes in the source problem to the target problem, and recheck but lack confidence in the solution. The results of this study can be used by educators as a reference to train students' ability to solve open-ended problems through analogical reasoning.