Pengembangan Media Kartu Jodoh (MIKADO) Untuk Materi Keragaman Sosial dan Budata Di Sekolah Dasar
Development of Matching Card Media (MIKADO) for Socio-Cultural Diversity Materials in Elementary Schools
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SDN Trutup 01, Plumpang yakni kurangnya media pembelajaranan yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran berbentuk kartu permainan fisik yang bernama MIKADO (Media Kartu Jodoh). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk MIKADO (Media Kartu Jodoh) yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian pengembangan atau biasa disebut Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE oleh Branch. Model ADDIE ini dikelompokkan menjadi 5 langkah yaitu. Analysis (analisis), desaign (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), serta evaluation (evaluasi). Dalam melakukan pengumpulan data menggunkan 3 instrumen penelitian yaitu lembar validasi guna menguji kevalidan produk, lembar angket respon pengguna digunakan untuk mengukur kepraktisan produk, dan lembar tes digunakan untuk mengukur keefektifan produk MIKADO (Media Kartu Jodoh). Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Trutup 01, Plumpang yang berjumlah 16 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk MIKADO (Media Kartu Jodoh) memiliki tingkat kevalidan yang “sangat valid” dengan memperoleh skor rata rata 89,09% untuk kevalidan media dan 92% untuk kevalidan materi. Tingkat kepraktisan ditunjukkan dari lembar angket respon peserta didik sebesar 92,81% yang artinya “sangat praktis” dan tingkat keefektifan yang “sangat efektif” dengan skor presentase sebesar 87,5%” yang ditunjukkan oleh hasil penilaian lembar tes. Kesimpulan penelitian ini adalah MIKADO (Media Kartu Jodoh) layak digunakan untuk materi Keberagaman Sosial dan Budaya di Indonesia.
This development research was carried out based on the problems found at SDN Trutup 01, Plumpang. Lack of learning media used in the learning process. This research will develop learning media in the form of physical game cards called MIKADO (Matching Card Media). The purpose of this research is to produce MIKADO (Matching Card Media) products that are valid, practical, and effective to use. This type of research is development research or what is commonly called Research and Development (RnD) with the ADDIE research model by Branch. The ADDIE model is grouped into 5 steps namely. Analysis (analysis), desaign (design), development (development), implementation (implementation), and evaluation (evaluation). In collecting data using 3 research instruments, namely the validation sheet to test product validity, the user response questionnaire sheet is used to measure the practicality of the product, and the test sheet is used to measure the effectiveness of the MIKADO product (Matching Card Media). The data analysis technique used is descriptive percentage. The sample used in this research was the fourth grade students at SDN Trutup 01, Plumpang, which consisted of 16 students. The results of this study indicate that the MIKADO product (Matching Card Media) has a "very valid" level of validity by obtaining an average score of 89.09% for media validity and 92% for material validity. The level of practicality is shown from the student response questionnaire sheet of 92.81% which means "very practical" and the level of effectiveness is "very effective" with a percentage score of 87.5% "which is shown by the results of the test sheet assessment. The conclusion of this study is that MIKADO (Matching Card Media) is suitable for use for Social and Cultural Diversity material in Indonesia.