Dampak ketunarunguan mengakibatkan terbatasnya informasi yang diperoleh anak tunarungu. sehingga anak kesulitan memahami bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Maka dari itu diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertjuan untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Top Down Terhadap Keterampilan membaca Siswa Tunarung Kelas IV di SLB B Dharma wanita Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-eksperimen dan rancangan penelitian one group pre-test – post-test design sample dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IV yang berjumlah 8 orang. Penelitian dilaksanakan di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Pengumpulan data dengan teknik tes dengan teknik analisis data statistik non parametrik menggunakan rumus uji wilcoxon match pairs test. Berdasarkan hasil analisis data statistik non parametrik menggunakan rumus uji wilcoxon match pairs test diketahui Z hitung yang di dapat yakni 2,521 lebih besar dari pada Z tabel yakni 1,96. Sehingga hipotesis hipotesis kerja (Ha) diterima. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan top down terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas IV di SDLB-B Dharma Wanita Sidoarjo.
Kata Kunci: Top Down, Membaca pemahaman, Tunarungu
The impact of phlegm results in limited information obtained by deaf children. so that children have difficulty understanding reading on Indonesian subjects. Therefore a solution is needed to overcome this. This study aims to analyze the influence of the Top Down Approach to Reading Skills of Class IV Students at the SLB B Dharma women in Sidoarjo.
This study uses a quantitative approach to the type of pre-experimental research and the one group pre-test-post-test design sample design in this study is a fourth grade deaf student, amounting to 8 people. The study was conducted at SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Data collection with test techniques with non parametric statistical data analysis techniques using the Wilcoxon match pairs test test formula.
Based on the results of non-parametric statistical data analysis using the Wilcoxon match pairs test test, it is known that the calculated Z is 2.521 greater than the Z table which is 1.96. So the working hypothesis (Ha) is accepted. The results of the data analysis can be concluded that there is a significant influence on the use of a top down approach to reading comprehension skills of deaf students in grade IV at SDLB-B Dharma Wanita Sidoarjo.
Keywords: Top Down, Reading comprehension, Deaf