Analisis Semiotika Pesan Sosial dalam Video Klip Lagu "Halu" Feby Putri
Semiotic Analysis of Social Messages in the Video Clip of the Song "Halu" Feby Putri
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pesan sosial yang terkandung dalam video klip lagu “Halu” Feby Putri. Analisis ini terfokus pada bagaimana bentuk penggambaran pesan yang terkandung di setiap adegannya, kemudian dilanjutkan pada model semiotika Charles sanders Peirce (triangle meaning). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce. Bagi Charles Sanders Peirce prinsip mendasar sifat tanda adalah sifat representatif dan interpretatif. Video klip lagu “Halu” dipilih karena video klip tersebut memiliki banyak pesan sosial yang ditujukan untuk masyarakat terkait dengan gangguan jiwa skizofrenia. Hasil dari penelitian ini terdapat pesan sosial yang terkandung dalam video klip lagu “Halu”, yaitu nilai-nilai sosial berupa nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian.
Kata Kunci: Pesan sosial, video klip, semiotika.
This studi aims to reveal the social messages contained in the video klip for the song “Halu” Feby Putri. This analysis focuses on the form of depiction of the message contained in each scene, then proceeds to Charles Sanders Peirce's semiotic model (triangle meaning). This research is a qualitative research and uses Charles Sanders Peirce's semiotic analysis. For Charles Sanders Peirce, the fundamental principle of sign nature is representative and interpretive nature. The video clip for the song "Halu" was chosen because the video clip has a lot of social messages aimed at people related to schizophrenia. The results of this study are the social messages contained in the video clip for the song "Halu", namely social values in the form of material values, vital values and spiritual values.
Keywords: Social messages, video clip, semiotics