Proses Pemecahan Masalah AKM Konten Aljabar pada Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert
Process of Solving AKM Algebra Content in Junior High School Students Reviewed from Personality Types of Extrovert and Introvert
Proses pemecahan masalah adalah tahapan yang digunakan untuk mencari penyelesaian dari soal non rutin yang dihadapi dengan menggunakan semua bekal pengetahuan yang dimiliki. Proses pemecahan masalah yang digunakan yakni langkah-langkah pemecahan masalah oleh Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Terdapat perbedaan dalam pemecahan masalah siswa, salah satunya disebabkan oleh perbedaan tipe kepribadian. Tipe kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yaitu dengan menyelenggarakan AKM. Dikarenakan pemecahan masalah juga merupakan salah satu keterampilan yang berpengaruh terhadap keterampilan literasi dan numerasi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif – kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah AKM konten aljabar pada siswa SMP dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan matematika setara yaitu 1 siswa ekstrovert dan 1 siswa introvert. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket tipe kepribadian MBTI, soal TPM AKM, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemecahan masalah AKM siswa ekstrovert dalam memahami masalah yaitu menggunakan simbol dan tidak menuliskan untuk menyatakan apa yang ditanyakan sedangkan siswa introvert menggunakan simbol dan menuliskan untuk menyatakan apa yang diketahui sekaligus apa yang ditanyakan. Pada langkah membuat rencana, siswa ekstrovert dan introvert dapat mempertimbangkan strategi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada langkah melaksanakan rencana, siswa ekstrovert dan introvert menggunakan strategi yang dipilih untuk memecahkan masalah. Dalam melaksanakan rencana, siswa introvert melakukan pengecekan semua langkah secara berulang kali sedangkan siswa ekstrovert melakukan pengecekan hanya sebagian langkah. Kemudian, pada langkah melihat kembali, siswa ekstrovert hanya melakukan pengecekan kembali pada sebagian penyelesaiannya sedangkan siswa introvert melakukan pengecekan kembali pada semua penyelesaiannya.
Kata Kunci: Proses Pemecahan Masalah, AKM, Ekstrovert, Introvert.
The problem-solving process is a stage used to find solutions to non-routine problems faced by using all the knowledge available. The problem-solving process used is the problem-solving steps by Polya, namely understanding the problem, making a plan, implementing the plan, and looking back. There are differences in student problem solving, one of which is caused by differences in personality types. The personality types used in this study are extrovert and introvert personality types. One of the government's efforts to improve problem-solving skills is by organizing AKM. Because problem solving is also one of the skills that influences students' literacy and numeracy skills.
This study is a descriptive-qualitative study that aims to describe the process of solving AKM problems with algebra content in junior high school students with extrovert and introvert personality types. This study was conducted in class VIII-2 of SMP Negeri 5 Sidoarjo. The subjects in this study consisted of 2 students with equal mathematical abilities, namely 1 extrovert student and 1 introvert student. The research instruments used were the MBTI personality type questionnaire, AKM TPM questions, and interview guidelines. The data obtained were analyzed based on Polya's problem-solving indicators, namely understanding the problem, making a plan, implementing the plan, and looking back.
The results showed that the AKM problem-solving process of extrovert students in understanding the problem used symbols and did not write to state what was asked, while introvert students used symbols and wrote to state what was known and what was asked. In the step of making a plan, extrovert and introvert students can consider the strategies used in solving the problem. In the step of implementing the plan, extrovert and introvert students use the chosen strategy to solve the problem. In implementing the plan, introvert students check all steps repeatedly while extrovert students check only part of the steps. Then, in the step of looking back, extrovert students only recheck part of the solution while introvert students recheck all of their solutions.
Keywords: Problem Solving Process, AKM, Extrovert, Introvert.