Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan komunikasi tertulis peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran (Learning Cycle) 5E pada materi pecemaran air, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran (Learning Cycle) 5E pada materi pecemaran air di SMP Negeri 1 Kedungpring, mendiskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran (learning cycle) 5E pada materi pecemaran air. Jenis penelitian ini pra-ekmerimental dengan rancangan penelitian One Grup Pretest-Postest design. Instrumen yang digunakan lembar penilaian keterampilan komunikasi tertulis (laporan pengamatan), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon peserta didik. Pembuatan laporan praktikum semua peserta didik menjawab atau mengisi indikator-indikator pembuatan laporan praktikum tetapi ada sebagian peserta didik menjawab tetapi kurang tepat dalam pengisian laporan praktikum. Rata-rata nilai yang diperoleh juga diatas kriteria ketuntasan minimal, di atas 75 Data yang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan keterampilan komunikasi tertulis terbukti dari Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan komunikasi tertulis peserta didik kelas VII-C SMP Negeri 1 Kedungpring Lamongan nilai rata-rata 89,5 yang dikategorikan sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran menghasilkan rata-rata modus 4 yaitu dengan kategori baik, tes keterampilan komunikasi peserta didik pada kelas VII-C SMP Negeri 1 Kedungpring Lamongan mengalami peningkatan dengan uji n gain hasil yang diperoleh rata-rata 0,762 dengan kategori tinggi. Peserta didik SMP Negeri 1 Kedungpring memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan nilai rata-rata 97,69 dengan kategori sangat kuat.
Kata kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, komunikasi tertulis, pencemaran air dan dampaknya bagi lingkungan
This study aims to describe the written communication skills of students after learning by applying the 5E Learning Cycle on water pollution material, describing the implementation of learning by using the 5E Learning Cycle on water pollution in Kedungpring 1 Public Middle School, describing the response students to learning use the 5E learning cycle in water pollution material. This type of research is pre-experimental with the research design of the Pretest-Posttest Design group. The instrument used was a written communication skills assessment sheet (observation report), learning implementation observation sheet, questionnaire response sheet of students. Preparation of practicum reports all students answer or fill in the indicators of making lab reports but there are some students who answer but are less precise in filling out the lab reports. The average score obtained is also above the minimum completeness criteria, above 75, Data obtained by students experiencing improved written communication skills is evident from The results of this study indicate that the written communication skills of class VII-C students of SMP Negeri 1 Kedungpring Lamongan have an average value of 89.5 which is categorized very well, the implementation of learning produces a mode 4 average with good categories, tests of communication skills of students in class VII -C Kedungpring 1 state junior high school Lamongan has increased with n gain test results obtained an average of 0.762 with a high category. Kedungpring Middle School 1 students gave a good response to learning with an average score of 97.69 with a very strong category.
Keywords: 5E Learning Cycle Learning Model, written communication, water pollution and its impact on the environment