PERAN
STRATEGI INOVASI PRODUK BERBASIS DESAIN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN
(Studi
Deskriptif Pada UMKM Cipita’s Donat Desa Banaran Kecamatan Malo Kabupaten
Bojonegoro)
Nama :
Cucun Rahmana Lutvia
NIM :
21080574242
Program Studi : S1 Manajemen
Jurusan :
Manajemen
Fakultas :
Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Nindria Untarini, S.E., M.Si
ABSTRAK
Penelitian
ini menginvestigasi peran inovasi produk berbasis desain dalam menciptakan
kepuasan konsumen pada umkm Cipita’s Donat Desa Banaran, Kecamatan Malo,
Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen.
Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner.
Wawancara dilakukan terhadap pemilik usaha dan kuesioner disebarkan kepada
konsumen Cipita’s Donat yang berjumlah 60 sampel. Kuesioner diberikan kepada
konsumen yang telah membeli produk tersebut lebih dari 2 kali.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk merupakan peranan penting dalam
menjaga serta mengembangkan sebuah usaha demi mempertahankan eksistensi suatu
usaha tersebut. Inovasi yang dilakukan Cipita’s Donat yaitu dengan menciptakan
bentuk donat yang beragam dan varian toping yang beragam.
Penelitian
ini juga mengungkapkan bahwa kepuasan konsumen berdampak positif pada
perkembangan usaha tersebut, dengan adanya konsumen yang puas menjadikan suatu nilai tambahan demi
mewujudkan usaha yang lebih maju dan tidak tergerus oleh usaha pesaing lain
yang sejenis.