PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA DAN EMOSI PADA ANAK TK B GUGUS II KECAMATAN BANDUNG
KABUPATEN TULUNGAGUNG
Karomah, Siti, 2022. Pengaruh Metode Bercerita dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa dan Emosi Anak TK Kelompok B gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd, (II) Dr.Sri Setyowati, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Bercerita, Media Loose Parts , Perkembangan Bahasa, Perkembangan Emosi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode bercerita dengan media loose parts terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen non randomized pretest-posttest control group design atau bisa juga disebut Non Eqivalent control group design. Uji hipotesis menggunakan Uji –T sampel independent. Teknik analisis data dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design dengan subjek penelitian berjumlah 33 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode bercerita dengan media loose parts terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini yang ditunjukkan oleh hasil uji independent sampel t-test perkembangan bahasa bahwa t-hitung adalah 3,359 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 sehingga t-hitung lebih dari t-tabel. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan perkembangan bahasa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan hasil uji independent sampel t-test perkembangan emosi bahwa t-hitung adalah 2,959 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 jadi t-hitung lebih dari t-tabel sehingga terdapat perbedaan perkembangan emosi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media loose parts dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan emosi anak Kelompok B di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung.
Karomah, Siti, 2022. The Effect of Storytelling Method with Loose Parts Media on Language and Emotional Development of Kindergarten Children Group B Group II Bandung District, Tulungagung Regency. Thesis. Basic Education Study Program Concentration PAUD, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd, (II) Dr.Sri Setyowati, M.Pd.
Keywords: Storytelling Method, Loose Parts Media, Language Development, Emotional Development.
This study aims to describe the effect of the storytelling method with loose parts media on the development of language and emotions in early childhood.
The research method used in this study is a quasi-experimental nonrandomized pretest-posttest control group design or it can also be called non-equivalent control group design. Hypothesis test using independent sample T-test. The data analysis technique used One Group Pretest Posttest Design with 33 children as research subjects. Collecting data using observation data collection techniques.
The results of this study indicate that there is a significant effect of using the storytelling method with loose parts media on language development and early childhood emotions as indicated by the results of the independent sample t-test of language development that the t-count is 3.359 while the t-table obtained from 33 respondents is 1.694 so that the t-count is more than the t-table. This shows that there are differences in language development between the control group and the experimental group. While the results of the independent sample t-test of emotional development that the t-count is 2.959 while the t-table obtained from 33 respondents is 1.694 so the t-count is more than t-table so that there are differences in emotional development between the control group and the experimental group
Based on the results of the analysis, it can be concluded that the storytelling method with loose parts media can improve the language and emotional development of children in Group B in Cluster II, Bandung District, Tulungagung Regency.