Pengembangan E-modul Untuk Kompetensi Dasar Menerapkan Plain Cake Bagi Siswa SMKN 1 Cerme Gresik
Development of E-modules for Basic Competence in Implementing Plain Cake for Students of SMKN 1 Cerme Gresik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan e-modul pada kompetensi dasar menerapkan plain cake dari segi materi dan media, dan 2) kelayakan e-modul pada kompetensi dasar menerapkan plain cake dari sudut pandang pengguna.
Model pengembangan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Imolementation, Evaluation) yang dilakukan hingga tahap ketiga Development. Subjek untuk kelayakan e-modul dari sudut pandang pengguna adalah 23 siswa SMKN 1 Cerme Gresik Bidang Keahlian Tata Boga. Penilaian kelayakan e-modul dari segi materi dan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang masing-masing terdiri dari 3 ahli materi dan 3 ahli media. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, yang terdiri dari: 1) angket penilaian kelayakan ahli, dan 2) angket penilaian kelayakan pengguna. Angket tersebut akan dinilai menggunakan skala likert dengan 5 skala penilaian, kemudian akan dikelompokkan berdasarkan kriteria interpretasi skor skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang akan menjelaskan hasil penilaian dengan presentase.
Hasil penelitian ini adalah: 1) kelayakan e-modul dari segi materi dan media adalah sangat layak (91,3% dan 91,4%), 2) kelayakan e-modul dari sudut pandang pengguna adalah sangat layak (81,8%).
The aims of this study were to find out: 1) e-module eligibility for basic competence in applying plain cake in terms of material and media, and 2) e-module feasibility for basic competency in applying plain cake from the user's point of view.
The development model in this study is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) which is carried out until the third stage of Development. Subjects for the feasibility of the e-module from the user's point of view were 23 students of SMKN 1 Cerme Gresik in the Culinary Expertise Field. The feasibility assessment of the e-module in terms of material and media was carried out by material experts and media experts, each consisting of 3 material experts and 3 media experts. The data collection instruments used in this study were questionnaires, which consisted of: 1) expert feasibility assessment questionnaires, and 2) user feasibility assessment questionnaires. The questionnaire will be assessed using a Likert scale with 5 rating scales, then will be grouped based on Likert scale score interpretation criteria. The data analysis technique used in this study is descriptive quantitative which will explain the results of the assessment by percentage.
The results of this study are: 1) e-module feasibility in terms of material and media is very feasible (91.3% and 91.4%), 2) e-module feasibility from the user's point of view is very feasible (81.8%) .