ANALISIS PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KRIPIK TEMPE
DI DESA NGAWI KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI
Abstrak
Industri Keripik Tempe merupakan salah satu industri yang paling dikenal masyarakat Desa Ngawi, Kabupaten Ngawi. Harga yang relatif terjangkau serta mampu mendukung perekonomian masyarakat menjadikan Keripik Tempe menjadi salah satu olahan tempe terbaik. Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Ngawi mengalami beberapa kendala yang menyebabkan industri tidak beroperasi dengan normal dan target industri masih belum tercapai. Akibatnya, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait pengembangan industri keripik tempe. Tujuan penelitian untuk menentukan strategi alternatif pengembangan Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Ngawi agar berkembang lebih optimum dalam mencapai target industri.
Jenis penelitian yang digunakan yakni dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian yang digunakan mencakup Industri Keripik Tempe yang ada di Desa Ngawi dengan mengambil enam responden penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta kuisioner. Analisis data yang digunakan ialah matriks IE (IFE dan EFE) serta matriks SWOT.
Hasil penelitian memperlihatkan skor IFE 3,011 dan skor EFE 3,389 serta alternatif strategi yang dapat digunakan pada pengembangan Industri Keripik Tempe ini ialah dengan strategi intensif, integrative, serta strategi konsentrasi dan berada di kuadran I yakni mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy). Prioritas strategi jangka panjang ialah Strength Opportunities (SO) yakni dengan meningkatkan kualitas keripik tempe agar berbeda atau memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan para pesaing sejenis, menjalin komunikasi intensif dengan pekerja, pemasok, dan konsumen, memperkuat loyalitas pasar atau konsumen, mengajukan kerjasama dengan dinas atau pemerintah terkait, mengintensifkan penggunaan internet atau media online sebagai media promosi agar pelanggan atau konsumen menjadi lebih loyal serta menambah pelanggan baru.
Kata Kunci: Industri Keripik Tempe, Ngawi, SWOT, Pengembangan Industri
Abstract
Tempe Chips is one of the most well-known industries in Ngawi Village, Ngawi Regency. Tempe Chips are one of the best tempeh preparations due to their low price and ability to support the local economy. In practice, the Ngawi Tempe Chips Home Industry encountered several obstacles, causing the industry to not operate normally and the industrial target to be missed. As a result, more research on the development of the tempe chip industry is required. This research has a research objective, which is to determine alternative strategies for developing the Ngawi Tempe Chips Home Industry in order to develop more optimally in meeting industrial targets..
A quantitative approach is used in the research. The population and research samples used include the Tempe Chips Industry in Ngawi Village, with 6 research respondents. Data is collected through observation, interviews, and questionnaires. The IE matrix (IFE and EFE) and the SWOT matrix were used to analyze the data.
The results showed an IFE score of 3.011 and an EFE score of 3.389, and alternative strategies that can be used in the development of the Tempe Chips Industry are intensive, integrative, and concentration strategies that are in quadrant I, namely supporting aggressive growth policies (Growth Oriented Strategy). The strategic priorities are Strength Opportunities (SO), namely improving the quality of tempe chips so that they are different or have their own uniqueness compared to similar competitors; establishing intensive communication with workers, suppliers, and consumers; strengthening market or consumer loyalty; and proposing cooperation with the agency or government related to intensifying the use of the internet or online media as a promotional medium so that customers or consumers become more loyal and add new customers.
Keyword: The Tempe Chips Industry, Ngawi, SWOT, Industry Development