PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NONFIKSI KELAS IV SEKOLAH DASAR
THE DEVELOPMENT OF SNAKE AND LADDERS MEDIA FOR NONFICTION READING SKILLS FOR IV GRADE ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian pengembangan ini bertujuan menjelaskan proses pengembangan media ular tangga untuk keterampilan membaca teks nonfiksi kelas IV sekolah dasar dan mengetahui kualitas dari segi kevalidan dan kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa dan dilakukan pada uji coba skala kecil. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil validasi media memeroleh hasil 88% yang menunjukkan kategori sangat valid dan hasil validasi materi memeroleh hasil 90% yang menunjukkan kategori sangat valid. Adapun hasil angket yang diberikan kepada guru dan siswa memeroleh hasil 100% yang menunjukkan kategori sangat praktis. Dari hasil validasi oleh ahli media, validasi ahli materi dan hasil dari uji coba penggunaan media, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga untuk keterampilan membaca teks nonfiksi kelas IV sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis untuk diterapkan pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, media ular tangga, membaca teks nonfiksi.
This development research aims to explain the process of developing snakes and ladders media for the skills of reading non-fiction texts for grade IV elementary schools and knowing the quality in terms of the validity and practicality of the media. This study uses the ADDIE model which consists of 5 stages, namely the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage. The subjects used in this study were 10 students and carried out on a small-scale trial. The instruments used for data collection were validation sheets and questionnaire sheets. The results of this development research show that the results of media validation get 88% results which indicate a very valid category and the results of material validation get 90% results which indicate a very valid category. The results of the questionnaire given to teachers and students obtained 100% results which showed a very practical category. From the results of validation by media experts, validation of material experts and the results of trials of using media, it can be concluded that the snake and ladder media for reading non-fiction texts for grade IV elementary school is very valid and very practical to be applied to the learning process.
Keywords: development, snake and ledders media, reading nonfiction text.