ABSTRAK
Purnomo, Sigit. 2024 , Tesis yang berjudul: "Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Argument Driven Inquiry Terintegrasi
STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Keterampilan Argumentasi Peserta
Didik pada Materi Elektrokimia, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1)
Prof. Dr. Yuni Sri Rahayu, M.Si. dan (II) Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.
Kata Kunci:
Perangkat Pembelajaran, Argument Driven Inquiry , STEM, Literasi Sains, dan Keterampilan Argumentasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang
layak dengan model Argument Driven
Inquiry terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains dan
keterampilan argumentasi peserta didik pada materi elektrokimia. Produk yang
dikembangkan didasarkan pada perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, buku
ajar, LKPD, dan instrumen penelitian. Metode penelitian mengacu pada model
ADDIE yaitu Analisis (analysis), Rancangan (design ),
Pengembangan (development ),
Implementasi (implementation ), dan
Evaluasi (evaluation ). Pengumpulan
data dilakukan melalui validasi, tes, dan angket pada dua kelas yang berjumlah
54 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif dan kualitatif Hasil penemuan penelitian yang didapatkan
menunjukkan bahwa (1) validitas perangkat pembelajaran mendapat modus 5 dengan
kategori sangat valid, (2) kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan praktis
ditinjau dari pengamatan keterlaksanaan RPP yang dapat dikategorikan terlaksana
dengan sangat baik pada kedua kelas, aktivitas peserta didik yang relevan lebih
besar daripada yang tidak relevan pada ketiga kelas, serta kendala yang
dihadapi selama proses pembelajaran ADI terintegrasi STEM dapat teratasi dengan
baik (3) keefektifan perangkat pembelajaran dinyatakan efektif ditinjau dari
hasil tes literasi sains, keterampilan argumentasi dan angket respon peserta
didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan lietrasi sains dan
kerampilan argumentasi peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap
perangkat dan proses pembelajaran memberikan respon positif. Berdasarkan hasıl
tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ADI terintegrasi STEM
layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan argumentasi
peserta didik.