ABSTRAK
PENGEMBANGAN
MEDIA MODEL DAERAH TOPOGRAFI KARST PADA
MATA KULIAH GEOMORFOLOGI UMUM DENGAN MATERI MORFOLOGI KARST DIPRODIGEOGRAFI
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Nama :
Hanik Masruroh
NIM :
12040274019
Program Study : S-1
Pendidikan Geografi
jurusan :
Pendidikan Geografi
Fakultas : Ilmu Social dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. H. Daryono, M.Si
Materi morfologi karst mempelajari
tentang bentukan bentang alam karst yang tentunya membutuhkan pemikiran yang
luas karena proses tersebut berada di alam luas dan berjalan secara lamban.
Perkuliahan geomorfologi umum khususnya materi morfologi karst terbatas pada
metode ceramah dengan menggunakan media power point saja. Dengan mengunakan
metode ceramah atau gambar dua dimensi saja tidak cukup karena itu memerlukan
waktu yang relative singkat sehingga mahasiswa tidak mudah untuk memahami
materi morfologi karst. Untuk bisa memahami materi morfologi karst perlu adanya
media model daerah topografi karst yang
dapat menunjang proses pembelajaran agar lebih bagus lagi. Dengan adanya media
ini mahasiswa akan langsung melihat dan mencermati media tersebut sampai pada
waktu yang tidak terbatas. Hal ini memungkinkan mahasiswa dapat benar-benar
memahami materi morfologi karst dan karakteristiknya.
Untuk menghindari kesalahan persepsi
pada mahasiswa maka dibuatlah media
model daerah topografi karst. Media model ini merupakan tiruan tiga
dimensional dari beberapa benda aslinya dalam ukuran yang diperbesar atau diperkecil
sehingga, dapat digunakan untuk menggantikan benda aslinya. Media berupa model
dapat memperjelas benda yang sebenarnya sehingga mahasiswa yang melihat media
model dapat tertarik untuk memahami
materi tersebut dan tidak jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Media ini
bersifat konkret dan menarik yang berarti lebih realistis daripada media
lainya. Penggunan media model diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
mahasiswa secara maksimal dalam mempelajari mata kuliah geomorfologi umum
khusunya materi morfologi karst.
Dalam penelitian ini menggunakan model
pengembangan dari R & D (Research and
Development) dari Borg and Gall.
Model pengembangan dari R & D ini terdiri dari 10 tahapan, namun peneliti
menggunakan 7 tahapan yang terdiri dari
potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi
produk, persepsi mahasiswa, produk akhir. Pada pengembangan ini ada beberapa
tahapan yang memerlukan modifikasi yaitu tahap ke-4, validasi desain diganti
dengan validasi produk karena produk yang sudah jadi memerlukan adanya validasi
guna untuk mengetahui layak tidaknya suatu produk. pada tahap ke-5 dan ke-6
yaitu revisi desain dan uji coba produk juga tidak dilakukan karena revisi
desain tidak memerlukan revisi dan uji coba produk tidak diperlukan karena
media ini tidak untuk di uji cobakan. Pada tahap ke-8 yaitu uji coba pemakaian
diganti dengan persepsi mahasiswa untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap
media model daerah topografi karst.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini antara lain media model daerah topografi karst, lembar validasi
ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media
pembelajaran model daerah topografi
karst yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran
geomorfologi umum khususnya materi morfologi karst ditinjau dari telaah ahli
media dan telaah ahli materi serta respon mahasiswa. Hasil penelitian ini tidak
langsung mendapatkan hasil yang bagus sehingga untuk penyempurnaan media model daerah topografi karst memerlukan
beberapa tahap perbaikan. Dari hasil validasi total validasi ahli media dan
ahli materi media model daerah topografi
karst mendapatkan nilai sebesar 81%. Dengan rincian validasi ahli media sebesar
82% dan validasi ahli materi yaitu sebesar 80%. Berdasarkan criteria kelayakan
pada skala likert menurut Riduwan (2011:31) nilai 81% termasuk pada range
80%-100% sehingga termasuk dalam criteria “Sangat Layak”. Untuk total Hasil
respon dari 30 mahasiwa di dapat 9% mahasiswa mengatakan “layak” dan 91%
mahasiswa mengatakan “sangat layak” sehingga media model daerah topografi karst dapat
dikategorikan “sangat layak”.
Kata Kunci:
Penelitian Pengembangan, Media , Morfologi Karst
ABSTRAK
MEDIA DEVELOPMENT OF KARST
TOPOGRAPHYZONE MODEL OF GENERAL GEOLOGY ON KARST MORPHOLOGY MATERIALS IN STATE
UNIVERSITY OF SURABAYA
Name :
HanikMasruroh
Reg. Number : 12040274019
Study Program : S-1
Geography Education
Department : Geography Education
Faculty :
Social Science and Law
Institute : State University of Surabaya
Lecturer : Drs. H. Daryono, M.Si
Learning
media has an important role in learning process. Selection of appropriate media
create more effective and efficient learning process in achieving determined
learning goal. Through this time, the geomorphology lecture especially karst
morphology materials is delivered orally and using power point. The exi s tance of karst topography zone model
media is needed that can support
learning process in order that the student could increase understanding the
materials.
Subject
in this media development was students of geography education who have taken
General Geomorphology as much as 30 students. This research used R & D
(Research and Development) model development by Borg and Gall. It consist 10
phases, however this research used 7 phases, those were problem opportunity,
data collection, design of product, product validation, product revision,
students perceptions and final product. Data analization technique used in this
research was validation from media expert, material expert and
studentsquestionaire for 3d media of karst topography zone model.
Learni n g media of karst topography zone model
had been validated before been stated as appropriate by media validator and
material validator. The result of karst topography zone model media from media
and materials expert was 81%, by the details were 82% from media expert and 80%
from materials expert. Base on appropriateness criteria of likert scale, 81% was
include in 80%-100%, so it was very appropriate. Amount of 30 students was
resulted 9% stated that the me dia was good and 91% stated
that the media as very good to be applied in learning process.
Keywords : Development
research, 3D media, karst morphology