Peer Editing in EFL Writing Classroom
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan peer editing untuk pembelajaran teks deskriptif di kelas menulis EFL di SMP. Pengeditan rekan adalah salah satu teknik pengajaran menulis yang mendorong siswa untuk membaca dan memberikan umpan balik pada tulisan satu sama lain. Pengeditan rekan menjadi teknik yang menguntungkan baik untuk guru dan siswa dengan meminimalkan peran guru dalam mengoreksi draf siswa dan memaksimalkan tanggung jawab siswa untuk peningkatan tulisan siswa lain serta teksnya sendiri. Kajian ini juga mencoba untuk menyelidiki aspek-aspek tulisan baik aspek lokal maupun aspek global yang menjadi komentar terbanyak dalam tulisan mereka. Ini juga dimaksudkan untuk mengeksplorasi persepsi siswa tentang pengeditan rekan setelah mereka menjumpainya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas VII dan seorang guru di salah satu SMP Negeri di perkotaan Surabaya. Untuk mengumpulkan data, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi digunakan untuk menggali secara mendalam proses peer editing selama proses belajar mengajar. Selain itu, data lain diperoleh dari sampel draf yang diedit siswa dan wawancara semi terstruktur. Wawancara semi terstruktur dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa setelah kelas berakhir.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pertama dalam pembelajaran menulis teks deskriptif dengan peer editing guru melakukan tiga tahapan utama yaitu; tahap pre-training, sedangkan tahap peer editing dan tahap post peer editing. Kedua, terlihat bahwa jenis komentar yang paling sering diberikan siswa pada tugas editing adalah aspek mekanis seperti kapitalisasi. Ketiga, data wawancara semi terstruktur menunjukkan dominasi persepsi positif.
Melalui penelitian ini, penulis membuka gagasan untuk memberikan kesimpulan bahwa untuk mendapatkan manfaat dari peer editing, teknik ini harus didasarkan pada instruksi yang jelas dan persiapan yang matang untuk mencapai tujuan belajar mengajar. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menginvestigasi siswa yang mempunyai tingkat kemampuan berbahasa Inggris lebih tinggi dengan menggunakan jenis pembelajaran antar teman sejawat yang berbeda gaya selingkung.
Kata kunci: Penyuntingan antar rekan sejawat, penulisan EFL, persepsi siswa
ABSTRACT
This study aims to know-how is the implementation of peer editing for teaching descriptive text in an EFL writing classroom in a Junior High School. Peer editing is one of the teaching writing techniques that encourage students to read and provide feedback on each other’s writing. Peer editing becomes an advantageous technique both for teachers and for students by minimizing the teacher’s role in correcting students’ drafts and maximizing students’ responsibilities for the improvement of other students’ writing as well as his or her own text. This study also attempts to investigate the writing aspects both on local aspects and global aspects that present as the most comment in their writing. It is also meant to explore students’ perception of peer editing after they encountering it.
This study uses a descriptive qualitative research design, the subjects of the study are the seventh-grade students and a teacher in one of the state Junior High School in an urban area of Surabaya. To collect the data, observation, field notes, and documentation are used to explore in-depth dealing with the process of peer editing during the teaching and learning process. In addition, other data are obtained from samples of students’ edited drafts and semi-structured interviews. The semi-structured interview is conducted to gain students’ perception after the class end.
The results of this study have revealed that firstly, in teaching descriptive text writing by using the peer editing the teacher conducts three main stages, they are; pre-training stage, while peer editing stage, and post peer editing stage. Secondly, it is shown that the most frequent types of comments gave by students on editing tasks are mechanical aspects such as capitalization. Thirdly, the data from a semi- structured interview revealed the domination of positive perceptions.
Through this study, the writer opens the idea to give a conclusion that to gain the benefit of peer editing, this technique should be based on clear instructions and well preparation to meet the teaching and learning goal. Further research is needed to investigate students with higher proficiency levels by using a different type of peer learning environment.
Keywords: Peer editing, EFL writing, students’ perception