ABSTRAK
BAHASA DALAM BANNER KAMPANYE PILEG KOTA SURABAYA TAHUN 2019
Nama : Eriene Rositaningrum
NIM : 15020114076
Program Studi : S1 / Sarjana
Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Fakultas : Bahasa dan Seni
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Udjang Pairin, M.Pd.
Implikatur pada penelitian ini yaitu bahasa pada banner kampanye pileg kota Surabaya tahun 2019 karena tuturan yang terjadi mengandung makna pada banner kampanye dan maksud lain dengan apa yang sebenarnya dikatakan para caleg dalam banner kampanye. Implikatur yaitu apa saja yang diartikan atau diharapkan panutur yang beda dengan bab yang arti sebenarnya dituturkan oleh panutur. Semiotik merupakan penemuan jika setiap orang mempunyai makna yang beda dalam simbol banner kampanye. Semiotik mempunyai makna dengan menggunakan petanda (signifier) merupakan salah satu simbol yang mempunyai makna, penanda (signified) merupakan gambaran, pikiran, maksud yang diterima oleh pembaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitalif, yaitu dengan cara mengambil gambar/foto banner dikota Surabaya tahun 2019.
Hasil penelitian ini yaitu ditemukan jenis implikatur dan semiotik. Jenis implikatur ini ada dua, yaitu (1) implikatur konvensional yang dibagi lagi menjadi dua, yaitu implikatur konvensional simbolik dan implikatur konvensional non-simbolik. (2) Jenis implikatur konversasional, juga dibagi lagi menjadi dua, yaitu implikatur konversasional umum dan implikatur konversasional khusus. Sedangkan semiotik ditemukan (1) denotatif merupakan simbol yang diberi arti dengan apa adanya atau bisa dikatakan makna harfiah dari simbol dan (2) konotasi merupakan hal yang mempunyai makna tambahan dari denotatif.
Kata Kunci : Banner Kampanye, Pileg 2019, Implikatur, Semiotik
ABSTRACT
LANGUAGE IN THE BANNER OF THE PILEG CAMPAIGN OF SURABAYA CITY IN 2019
Name : Eriene Rositaningrum
Study Program : S1 / Bachelor
Department : Regional Language and Literature Education
Faculty : Faculty of Language and Art
Institution : Surabaya State University
Advisor : Prof. Dr. Udjang Pairin, M.Pd.
The implication in this study is the language on the banner of the Surabaya city election campaign in 2019 because the speech that occurred contained meaning in the campaign banner and other intentions with what the candidates actually said in the campaign banner. Implicature, that is, what is interpreted or expected by a different speaker from a chapter whose true meaning is spoken by the panutur. Semiotik is a discovery if everyone has a different meaning in the campaign banner symbol. Semiotik has a meaning by using a marker (signifier) is one symbol that has a meaning, a sign (signified) is a picture, a thought, an intention that is received by the reader. This study uses a qualitative descriptive method, namely by taking pictures / photo banners in the city of Surabaya in 2019.
The results of this study are found in the types of implicatures and semiotics. There are two types of implicatures, namely (1) conventional implicatures which are further divided into two, namely symbolic conventional implicature and non-symbolic conventional implicatures. (2) Types of conversational implicature, also divided into two, namely general conversational implicature and special conversational implicatures. Whereas semiotic is found (1) denotative is a symbol that is given meaning as it is or can be said to be the literal meaning of a symbol and (2) connotation is a thing that has additional meaning from denotative.
Keywords: Campaign Banner, 2019 legislative election, Implicature, Semiotic