Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Tata Busana Di Masa New Normal
Factors That Influence The Entrepreneurial Interest Of Fashion Students In New Normal Era
Masa new normal dapat menjadi sebuah peluang bagi individu dalam berwirausaha. Berwirausaha menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan pekerjaan alternatif pada masa pandemi seperti saat ini. Dalam berwirausaha, seorang wirausaha harus memiliki minat yang kuat dalam membangun usahanya agar usaha yang dibangun dapat berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan. Minat berwirausaha tidak datang dengan sendirinya namun dapat diperoleh dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya di masa new normal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa google form dengan responden sebanyak 76 orang, serta teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya di masa new normal adalah faktor lingkungan, faktor kepribadian, dan faktor motif berwirausaha. Dari ketiga faktor tersebut, faktor lingkungan mendapatkan persentase paling tinggi sebesar 90,79% (75% cukup berminat dan 15,79% berminat), hal ini disebabkan karena lingkungan sekitarnya (lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, dan lingkungan masyarakat) memberikan dukungan yang positif untuk berwirausaha di masa new normal. Kemudian, faktor motif berwirausaha mendapatkan persentase sebesar 89,47% (61,84% cukup berminat dan 27,63% berminat), dan faktor kepribadian mendapatkan persentase paling rendah sebesar 78,94% (55,26% cukup berminat dan 23,68% berminat).
Kata Kunci: masa new normal, minat berwirausaha, pendidikan tata busana
New normal era can be an opportunity for individuals in entrepreneurship. Entrepreneurship is the right choice to be used as an alternative job during a pandemic like today. In entrepreneurship, an entrepreneur must have a strong interest in building his business so that the business that is built can run according to the expected plan. Entrepreneurial interest does not come naturally but can be obtained from several factors that influence it. This research aims to determine factors that influence the entrepreneurial interest of the S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya in the new normal era. This research use quantitative research, data collection techniques using a questionnaire in the form of google form with 76 respondents, and data analysis techniques using descriptive statistics with percentages. This results of this research indicate that the factors that influence the entrepreneurial interest of S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya in the new normal era are environmental factors, personality factors, and entrepreneurial motive factors. Of the three factors, environmental factors get the highest percentage of 90,79% (75% are quite interested and 15,79% are interested), this is because the surrounding environment (family environment, educational environment, and community environment) provides positive support for entrepreneurship in the future. Then, the entrepreneurial motive factor get a percentage of 89,47% (61,84% was quite interested and 27,63% interested), and the personality factor get the lowest percentage of 78,94% (55,26% was quite interested and 23,68% was interested).
Keywords: new normal era, entrepreneurial interest, fashion education