Strategi metakognitif adalah langkah langkah yang digunakan seseorang, atau suatu proses dan tahapan tahapan yang dilalui seseorang untuk mencapai suatu tujuan kognitif dengan merencana, memantau dan mengevaluasi. Pengajuan masalah dapat digunakan untuk mengidentifikasi starategi metakognitif siswa. Pengajuan masalah pada penelitian ini menggunakan tipe post-solution posing, yaitu siswa mengajukan masalah setelah menyelesaikan suatu masalah.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi metakognitif peserta didik dalam pengajuan masalah matematika tipe post solution posing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil metakognitif peserta didik dalam pengajuan masalah matematika tipe post solution posing. Penelitian dilaksanakan di kelas VII B SMP Negeri 20 Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tugas pengajuan masalah matematika dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik yang dapat menyelesaikan masalah awal dengan benar sekaligus mengajukan masalah dan menyelesaikannya dengan benar melakukan strategi metakognitif meliputi merencana, memantau dan mengevaluasi berdasarkan tahapan pengajuan masalah. (2) Peserta didik yang dapat menyelesaikan masalah awal sekaligus mengajukan masalah dengan benar dan tidak dapat menyelesaikannya melakukan strategi metakognitif meliputi merencana memantau dan mengevaluasi dalam tahapan pengajuan masalah matematika yaitu memahami informasi, menyusun rencana pengajuan masalah, merumuskan masalah, hanya merencana dan memantau dalam menyelesaikan masalah yang dibuat serta mengevaluasi dalam memeriksa kembali masalah yang dibuat. Subjek tidak melakukan strategi metakognitif evaluasi pada tahapan menyelesaikan masalah yang dibuat dengan tidak memeriksa kembali kebenaran prosedur pelaksanaan rencana strategi dalam menyelesaikan masalah. (3) Peserta didik yang dapat menyelesaikan masalah awal dengan benar dan tidak dapat membuat masalah masalah melakukan strategi metakognitif merencana dan memantau pada tahap memahami informasi, menyusun rencana dan menyelesaikan masalah; merencana, memantau dan mengevaluasi pada tahap merumuskan masalah dan hanya mengevaluasi strategi metakognitif dalam memeriksa kembali subjek mengalami kesulitan dalam tugas pengajuan masalah ini.
Kata Kunci: Metakognitif, Pengajuan Masalah, post-solution posing.
Metacognitive strategy is a step that is used by someone, or a process and stages that someone goes through to achieve a cognitive goal by planning, monitoring and evaluating. Posing of problems can be used to identify student’s metacognitive strategies. Problem posing in this research uses the type of post-solution posing, which students posing problems after solving a problem. The purpose of this research is to describe the metacognitive strategies of students in posing mathematical problems of the type of post solution posing. This research is a qualitative descriptive research that designed to describe the metacognitive profile of students in posing mathematical problems in the type of post solution posing. The research was conducted in class VII B of Junior High School 20 Surabaya. The technique of data collection is done by giving assignments to posing mathematical problems and doing interviews.
The results of the research indicate that (1) Students who can solve the initial problem correctly while at the same time raising problems and resolving it correctly carrying out metacognitive strategies include planning, monitoring and evaluating based on the stages of problem posing (2) Students who can solve the initial problem as well as raise the problem correctly and cannot solve it do a metacognitive strategy include planning to monitor and evaluate the stages of posing mathematical problems that are understanding information, developing plans for posing problems, formulating problems, only planning and monitoring in solving problems made and evaluate in reviewing the problems made. The subject did not carry out a metacognitive evaluation strategy at the stage of solving the problem made by not re-checking the correctness of the procedure for implementing the strategic plan in solving the problem (3) Students who can solve the initial problem correctly and cannot create problems do metacognitive strategies plan and monitor at the stage of understanding information, formulate plans and solve problems; plan, monitor and evaluate at the stage of formulating the problem and only evaluate the metacognitive strategy in re-examining the subject experiencing difficulties in the task of posing this problem.
Keywords: Metacognitive, Problem Posing, post-solution posing