Rancang Bangun Trainer Sistem Bahan Bakar Engine Stand Daihatsu Menggunakan ECU
ABSTRAK
RANCANG BANGUN TRAINER SISTEM PENGAPIAN ENGINE STAND DAIHATSU MENGGUNAKAN ECU
Nama : Mohammad Aris Ma’ruf Nim : 16050423045 Program Studi : D3 Teknik Mesin Kosentrasi : Otomotif Jurusan : Teknik Mesin Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Dr. A Grummy W., M.Pd., MT.
Pada mesin Electronic Fuel Injection (EFI) umumnya proses penginjeksian bahan bakar ada di bagian ujung intake manifold atau saluran masuk sebelum katup masuk. Sehingga ketika katup masuk membuka pada langkah hisap, udara yang masuk ke ruang bakar sudah bercampur dengan bensin. Kontruksi sistem EFI dapat dibagi menjadi 3 (tiga) komponen utama, yaitu sistem bahan bakar, sistem kontrol elektronik, sistem pemasukan udara (sistem induksi). Semakin lengkap komponen sistem EFI seperti sensor-sensor, maka pengaturan kontrol koreksi untuk mengatur perbandingan bahan bakar dan udara akan semakin sempurna.Tujuan dalam tugas akhir ini adalah menambah sarana dan prasarana di dalam laboratorium kelistrikan universitas negeri surabaya dan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai media pembelajaran sistem bahan bakar yang menggunakan ECU
Dengan demikian, semua metode peningkatan kreativitas berharga bagi para perancang teknik selama proses desain konseptual. Berpikir kreatif sangat dihargai di banyak bidang usaha, terutama yang berhubungan dengan pemecahan masalah. Metode untuk berpikir dengan cara yang meningkatkan hasil kreatif dalam konteks penyelesaian masalah telah dikodifikasi oleh spesialis di beberapa bidang dan disajikan. Tidak ada aktivitas rekayasa yang membutuhkan lebih banyak kreativitas daripada desain.
Hasil perancangan tugas akhir dan hasil uji coba ini meliputi : 1) menjadi sarana dan prasarana di Laboratorium Kelistrikan mobil, 2) Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai media pembelajaran sistem bahan bakar yang menggunakan ECU. Dimana pada uji coba tersebut terdapat beberapa hasil yaitu : a). Tekanan fuel pump pada uji coba pertama 1,4061 kg/cm²; uji coba kedua 2,8122 kg/cm²; dan uji coba ketiga 2,8122 kg/cm²; b). pada Idle Air Control lampu cek engine menyala sebanyak 71 kedipan. Untuk pada idle air control dapat dikatakan mengalami kerusakan yang mengakibatkan putaran mesin tidak akan stabil jika posisi stasioner, dimana yang seharusnya jika tidak mengalami kerusakan maka ECU tidak akan mengirimkan sinyal kepada lampu cek engine sehingga lampu cek engine tidak akan mennyala .Dengan adanya trainer sistem bahan bakar ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa.
Kata kunci : Engine Trainer, Sistem Bahan Bakar, ECU (Electronic Control Unit), Media Pembelajaran Siswa
ABSTRACT
DESIGN AND BUILD FUEL SYSTEM TRAINER ON DAIHATSU ENGINE STAND USING ECU
Name : Mohammad Aris Ma’ruf
Sister : 16050423045
Study program : Diploma 3 in Mechanical Engineering
Concentration : Automotive
Majoring : Mechanical engineering
Name of Institution : University The State of Surabaya
Supervisor : Dr. A Grummy W., M.Pd., MT.
In Electronic Fuel Injection (EFI) engines, generally the fuel injection process is at the end of the intake manifold or inlet before the intake valve. So that when the intake valve opens in the intake step, the air that enters the combustion chamber is mixed with gasoline. The construction of the EFI system can be divided into 3 (three) main components, namely the fuel system, electronic control system, air intake system (induction system). The more complete the EFI system components such as sensors, the more perfect correction control settings to adjust the air-fuel ratio will be. The purpose of this final project is to add facilities and infrastructure in the electricity laboratory of the State University of Surabaya and to improve student competence as a learning medium for fuel systems using ECU..
Thus, all methods of enhancing creativity are valuable to engineering designers during the conceptual design process. Creative thinking is highly valued in many fields of business, especially those related to problem solving. Methods for thinking in ways that enhance creative outcomes in the context of problem solving have been codified by specialists in several fields and are presented. No engineering activity requires more creativity than design.
The results of the design of the final project and the results of this trial include: 1) to become facilities and infrastructure in the car Electrical Laboratory, 2) To improve student competence as a learning media for fuel systems using ECU. Where in the trial there are several results, namely: a). Fuel pump pressure at first trial was 1.4061 kg / cm²; second trial 2.8122 kg / cm²; and the third trial 2.8122 kg / cm²; b). on Idle Air Control, the check engine light turns on for 71 flashes. For idle air control, it can be said that it is damaged which results in the engine speed being unstable if the position is stationary, where if it is not damaged, the ECU will not send a signal to the check engine light so that the check engine light will not turn on. With the material system trainer This fuel is expected to help the learning process in students.
Keywords: Engine Trainer, Fuel System, ECU (Electronic Control Unit), Student Learning