STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL TOKKI JANTAN ERA 4.0
VISUAL COMMUNICATION STRATEGY TOKKI JANTAN ERA 4.0
Tokki Jantan merupakan sebuah usaha barang dagangan online berlokasi di Surabaya yang menjual produk tentang artis-artis dari negara Korea Selatan seperti album, photocard, poster, dan DVD K-Pop (musik popular dari Korea Selatan). Perkembangan teknologi di era 4.0 membuat pemasaran juga memanfaatkan teknologi digital. Guna memperluas pemasaran dan meningkatkan brand awareness maka Tokki Jantan juga dituntut untuk menggunakan teknologi digital atau Digital Marketing. Sehingga Tokki Jantan perlu menyusun strategi komunikasi visual pada penerapan digital marketing. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang tepat untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan brand awareness. Metode perancangan yang dilakukan adalah metode pengumpulan data, analisis 5W+1H, konsep perancangan, dan visualisasi (Tumbnail, Tightissue, Final) Hasil dari perancangan ini adalah strategi komunikasi visual yang menggunakan sosial media Ads, optimalisasi promosi, meningkatkan minat beli konsumen yang akan menjadi pelanggan tetap Tokki Jantan.
Tokki Jantan is an online merchandise business located in Surabaya that sells products about artists from South Korea such as albums, photocards, posters, and K-Pop DVDs (popular music from South Korea). Technological developments in the 4.0 era make marketing also utilize digital technology. In order to expand marketing and increase brand awareness, Tokki Jantan is also training to use digital technology or Digital Marketing. So Tokki Jantan needs to develop a visual communication strategy in the application of digital marketing. Based on these problems, this study aims to find the right strategy and increase brand awareness through design as a strategy support medium. The design method used is the data collection method, 5W + 1H analysis, design concept, and visualization (Tumbnail, Tightissue, Final). The result of this design is a visual communication strategy that uses social media advertising, to increase brand awareness, optimization of promotions, buying interest consumers who will become regular customers of Tokki Jantan.