ABSTRAK
PENGARUH
STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTIONS
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
TERHADAP
KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN
SISWA
KELAS IV SDN DI KECAMATAN KARANGPILANG SURABAYA
Nama :
Siti Ika Puspita Sari
NIM :
13010644163
Program Studi : S-1
Jurusan :
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd.
Strategi
Learning Start With A Questions dapat
diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya untuk meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman. Strategi ini menuntut siswa untuk membuat
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks bacaan. Dengan membuat pertanyaan
berarti siswa telah mengulas isi teks bacaan tersebut. Hal itu akan membantu
siswa dalam memahami isi teks bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi Learning Start With A Questions dalam pembelajaran bahasa Indonesia
terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN di Kecamatan
Karangpilang Surabaya.
Jenis
penelitian ini adalah quasi experiment .
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent
Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Karangpilang Surabaya. Adapun
sampelnya dari siswa kelas IVA di SDN Kebraon I/436 Surabaya dan siswa kelas
IVA di SDN Kebraon II/437 Surabaya dengan masing-masing kelas sebanyak 30
siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi,
sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji
normalitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol diketahui thitung 1,804 > 1,671 dengan taraf signifikan 5%, sedangkan untuk uji beda kelas
eksperimen dan kelas kontrol diketahui thitung
4,6654 dengan taraf signifikan 5%. Jika
nilai thitung > ttabel
maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi Learning
Start With A Questions dalam
pembelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa
kelas IV SDN di Kecamatan Karangpilang Surabaya.
Kata kunci : strategi Learning
Start With A Questions, keterampilan
membaca pemahaman