ABSTRAK
Barunawati, Riska. 2019. Pengaruh Project
Based Learning Berbantuan Media Miniatur Pekerjaan Terhadap Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Tesis, Program Studi
Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1)
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., Dan (2) Dr. Rr. Nanik Setyowati, M. Si.
Kata kunci: Model
PjBL, Media Miniatur Pekerjaan, Aktivitas, dan Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbantuan
media miniatur pekerjaan dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya yang berjumlah
38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam pembelajaran tematik pada subtema
lingkungan tempat tinggalku semester II tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini yaitu Pre-eksperimental design ,
dengan pendekatan kuantitatif, dan
desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar
observasi aktivitas belajar, dan lembar tes hasil belajar siswa. Adapun untuk
teknik analisis data menggunakan analisis statistik dan uji t-test .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan dari model
pembelajaran PjBL berbantuan media miniatur pekerjaan dan aktivitas siswa
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya yang
ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi untuk hasil persentase pretest
aktivitas siswa dengan rata-rata yaitu sebesar 59,4 , sedangkan nilai signifikansi untuk hasil persentase posttest aktivitas siswa dengan
rata-rata yaitu sebesar 77,6 . Sedangkan untuk hasil belajar siswa terdapat
pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model PjBL berbantuan media miniatur
pekerjaan yang ditunjukkan
dengan Thitung 1 6,158 (df 30) > Ttabel
2,0 11 (df 30) dan nilai sig. (2-failed) 0,000 < 0,005 . Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima, ada perbedaan
hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan. Jadi, penggunaan model
PjBL berbantuan media miniatur pekerjaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV