Perkembangan ilmu dalam pendidikan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia. Dalam bidang pendidikan pemerintah melakukan perubahan kurikulum yang bertujuan memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum terbaru yang diterapkan oleh pemerintah adalah kurikulum 2013 dimana media menjadi salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu media berbasis kartun berkarakter sebagai bahan pengamatan pendukung kurikulum 2013 pada pokok bahasan akuntansi persediaan kelas XI SMK Negeri di Surabaya.
Model yang digunakan dalam pengembangan media adalah model pengembangan 4-D (Define, Deign, Develop dan Disseminate) oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar telaah ahli, lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Seluruh instrument yang digunakan tersebut digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap media video kartun karakter sebaga bahan pengamatan pendukung kurikulum 2013.
Hasil pengembangan ini menunjukkan hasil kelayakan materi sebesar 79,47% dengan kriteria Layak, kelayakan media sebesar 91% dengan kriteria Sangat Layak. Rata-rata kedua komponen diatas adalah sebesar 85,23% dengan kriteria Sangat Layak. Rata-rata presentase respon peserta didik sebesar 92,08% dengan kriteria Sangat Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media video kartun berkarakter pada pokok bahasan akuntansi persediaan kelas XI dapat dinyatakan Sangat Baik digunakan sebagai bahan pengamatan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Kartun Berkarakter, Bahan Pengamatan, Akuntansi Persediaan
The development of science in education and technology has brought about changes in almost all aspects of human life. In the education sector the government made curriculum changes aimed at improving the education system in Indonesia. The latest curriculum applied by the government is the 2013 curriculum where media is one of the important components in learning activities. This research is a type of development research that aims to produce a character-based cartoon media as an observation supporting the 2013 curriculum on the subject of inventory accounting for class XI of State Vocational Schools in Surabaya.
The model used in media development is the 4-D development model (Define, Deign, Develop and Disseminate) by Thiagarajan, Semmel and Semmel. This research was only carried out until the develop stage. The instruments used in this study were expert review sheets, expert validation sheets and student response questionnaires. All instruments used are used to determine the level of feasibility and response of students to the character cartoon video media as the observation material supporting the 2013 curriculum.
The results of this development showed the results of material feasibility of 79.47% with eligible criteria, media feasibility of 91% with the criteria of Very Worthy. The average of the two components above is 85.23% with the criteria of Very Worthy. The average response percentage of students is 92.08% with the criteria of Very Good. The conclusion of this study is that character cartoon video media on the subject of class XI inventory accounting can be stated to be very well used as an observation material to support learning activities.
Keywords : Cartoon Character, Observation Materials, Accounting Stock