PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS M-LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MATERIAL TEACHING ON TAX ADMINISTRATION SUBJECT
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengembangan Bahan Ajar Interaktif berbasis M-Learning 2) menganalisis kelayakan berdasarkan penilaian para ahli 3) menganalisis respon peserta didik terhadap Bahan Ajar Interaktif berbasis M-Learning pada mata pelajaran Administrasi Pajak kelas XII Akuntansi SMKN 10 Surabaya.. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Sampel dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XII Akuntansi yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan validasi para ahli yaitu ahli materi, ahli grafis dan ahli bahasa serta angket respon peserta didik yang dianalisis dengan teknik deskriptif kauntitatif dengan bentuk presentase yang diperoleh dari perhitungan skor menurut skala Linkert dan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan isi sebesar 92% dengan kriteria sangat layak, kelayakan penyajian sebesar 92% dengan kriteria sangat layak, kelayakan bahasa sebesar 79% dengan kriteria layak, kelayakan kegrafikan sebesar 97% dengan kriteria sangat layak. Dari keseluruhan aspek kelayakan diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Untuk angket respon perserta didik memperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 96% dengan kriteria sangat dipahami.Sehingga, dapat dikatakan bahwa Bahan Ajar Interaktir berbasis M-Learning yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pendukung pada mata pelajaran Administrasi Pajak. Penelitian ini berimplikasi pada upaya peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik melalui tampilan yang menarik.
The purpose of the research is to 1) analyze the developing of M-Learning-based Interactive Teaching Materials 2) to analyze the feasibility based on expert judgment 3)to analyze responses of students to M-Learning-Based Interactive Teaching Materials on Tax Administration subjects in class XII Accouning SMKN 10 Surabaya. Teaching Materials was developing uses ADDIE which comprised of Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The sample in this research were the XII grade student of accounting wirh total 20 person. The research was used the study sheets and validation sheets namely material experts, graphic experts and linguists and student responses the questionnaire that were analyzed with descriptive quantitative techniques with percentage forms obtained from the calculation of scores according to the Linkert scale and Guttman scale. The results showed the level of content eligibility of 92% with very decent criteria, the feasibility of presenting by 92% with very feasible criteria, the feasibility of language by 79% with eligibility criteria, eligibility for graphics by 97% with very decent criteria. From all aspects of the feasibility obtained an average of 90% with very decent criteria. For student responses the questionnaire obtained results with an average of 96% with very understood criteria. So,the M-Learning-based Interactive Teaching Materials developed are very feasible to be used as supporting teaching materials in Tax Administration subjects.This research has implicated for the efforts to improve student’s learning process and outcomes and can increase student’s interest in leraning through interesting displays.