PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI (POWTOON) MATERI LIPATAN DAUN UNTUK SISWA SMK KULINER FASE E
Development of Animation Video (Powtoon) Competency of Leaf Folding for Phase E Culinary Vocational School Students
Pengembangan Video Animasi (Powtoon) Materi
Lipatan Daun Untuk Siswa SMK Kuliner Fase E
Nama : Affi Naila Rahma
NIM : 20050394028
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Boga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui: 1) kelayakan materi dan media pada materi lipatan daun, 2) respon peserta didik setelah menggunakan video animasi (powtoon). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4D, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Namun, pada penelitian ini hanya sampai tahap development (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan melibatkan 2 validator materi dan 2 validator media, serta siswa kuliner fase E di SMKN 2 Jombang sebagai responden. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dan analisis data ini dilakukan secara prosentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kelayakan materi memperoleh nilai rata-rata (0,956) dengan kategori sangat layak, dan kelayakan media memperoleh nilai rata-rata (0,921) dengan kategori sangat layak, 2) respon peserta didik memperoleh persentase 80,8%. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan video animasi powtoon materi lipatan daun sangat layak digunakan untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, video animasi, powtoon, lipatan daun.
Name : Affi Naila Rahma
Study Program : Bachelor's Degree in Culinary Education
Faculty : Engineering
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Lecturer : Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.
The aim of this research is to find out: 1) the suitability of the material and media for the leaf fold material, 2) the students' responses after using the animated video (powtoon). The development research model used is the 4D model, which consists of 4 stages, namely the define, design, development and disseminate stages. However, this research only reached the development stage. The data collection technique used a questionnaire involving 2 material validators and 2 media validators, as well as phase E culinary students at SMKN 2 Jombang as respondents. This research is a qualitative descriptive type and data analysis was carried out in percentage terms. The research results showed: 1) the feasibility of the material obtained an average value (0.956) in the very appropriate category, and the feasibility of the media obtained an average value (0.921) in the very appropriate category, 2) student responses obtained a percentage of 80.8%. Thus, it can be concluded that the development of a powtoon animation video on leaf folding material is very suitable for application in learning.
Keywords: Development, animated video, powtoon, leaf folding.