Representasi Kelas Sosial dalam Film Gundala (Analisis Semiotika Model Peirce)
Representation of Social Class in the Gundala Movie (Semiotic Analysis of Peirce's Model)
Penelitian ini bertujuan untuk fokus membahas tentang representasi kelas sosial yang ada dalam film Gundala. Dalam penelitian ini mengambil beberapa adegan yang menunjukkan bagaimana kelas sosial yang terbentuk dan dijalani oleh tokoh utama yang bernama Sancaka yang menjalani hidupnya di jalanan dan tumbuh bekerja sebagai satuan pengamanan. Penelitian ini mengambil metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan unit analisis berupa teks-teks dan gambar yang muncul sebagai bentuk representasi kelas sosial. Peneliti menggunakan teori semiotika milik Charles Sanders Peirce sebagai pisau analisis dan membagi analisis kedalam tiga bentuk Ikon, Indeks dan Simbol, dengan menggunakan proses semiosis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembagian kelas sosial adalah nyata, terjadi secara disengaja, menciptakan perjuangan kelas, antagonisme kelas, serta menjadi salah satu titik konflik dalam masyarakat.
This study aimed to discuss about social class representative on Gundala movie. Several scenes were taken in showing how social class formed and lived by the main character named Sancaka who lived a life on the street and grew as a security unit. This study used qualitative descriptive method by using analysis unit in the form of text and picture appeared as a form of social class representative. The researcher used semiotic theory by Charles Sanders Peirce as analysis and divide it into three forms: Icon, Index, Symbol by using semiotic process. The result shows the division of social class is obvious, happened intentionally, created class struggle, class antagonism, and became one of conflict point in society.