“THRIFTING: GLORIFIKASI FAST FASHION” PENCIPTAAN SENI INSTALASI
“THRIFTING: FAST FASHION GLORIFICATION” INSTALLATION ART CREATION
Thrifting, yang berarti hemat dalam Bahasa Inggris, memiliki kaitan erat dengan industri fast fashion, di mana barang-barang bekas yang beredar berasal dari produksi massal sejak revolusi industri pada tahun 1890-an. Dalam Bahasa Jawa, thrifting dikenal sebagai "ngawul" atau "awul-awulan." Sejak tahun 2000 hingga 2014, thrifting telah menjadi budaya populer dan gaya hidup, terutama di kalangan anak muda yang semakin sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan. Namun, perlu dipertanyakan apakah thrifting benar-benar membawa dampak positif atau sekadar menjadi tren. Barang-barang thrifting sering kali merupakan hasil dari surplus industri fast fashion yang eksploitatif, dengan sebagian besar pakaian berasal dari negara-negara berkembang di Asia seperti India, Bangladesh, Vietnam, China, dan Kamboja. Kondisi kerja yang buruk di industri ini meningkatkan risiko kesehatan dan keselamatan pekerja, serta menciptakan kesenjangan sosial antara konsumen dan pekerja. Karya seni instalasi ini terinspirasi oleh fenomena tersebut, menampilkan objek-objek multi, soft sculpture, dan bentuk meruang. Menggunakan metode Practice-led Research, karya ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada audiens, sekaligus mengeksplorasi dan mendeskripsikan secara jelas dampak dari thrifting dan fast fashion.
Thrifting, meaning thrifty, is closely tied to the fast fashion industry, as the circulating clothes stem from the industrial revolution of the 1890s. In Javanese, thrifting is known as "ngawul" or "awul-awulan." From the 2000s to 2014, thrifting became a popular culture and lifestyle worldwide, including in Indonesia. The climate crisis, intensifying since 2019, has also made thrifting popular among young people as a sustainable living practice. However, it's essential to examine whether thrifting truly has a positive impact or is just a trend. The items in the thrifting market often come from the surplus of the fast fashion industry, which exploits natural and human resources. Many fast fashion clothing exporters are from developing countries in Asia, like India, Bangladesh, Vietnam, China, and Cambodia, where poor working conditions harm workers' health and create social inequality. This phenomenon has inspired artists to create installation art that reflects these issues. The creative concept focuses on multi-object installations, soft sculptures, and spatial forms, using the Practice-led Research method. The work aims to educate the audience and explore and depict the thrifting and fast fashion phenomena.