ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEDAN MAGNET DAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Nama : Farhana Safitri Dewi
NIM : 14050514038
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Elektro
Jurusan : Teknik Elektro
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Euis Ismayati, M.Pd
Media pembelajaran adalah bahan pengajaran adalah seperangkat materi keilmuan yang terdiri atas fakta, konsep, prinsip, generalisasi suatu ilmu pengetahuan yang bersumber dari kurikulum dan dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Media dalam proses belajar mengajar sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disampaikan pengertian media adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. media pembelajaran juga dapat diartikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun non fisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisen.
Computer Assisted Intruction merupakan aplikasi komputer untuk pembelajaran. Teknologi berbasis komputer merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan belajar dengan menggunakan perangkat yang bersumber mikroposesor.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Computer Assisted Intruction yang layak pada Mata Kuliah Fisika dengan kriteria (1) valid, (2) praktis (3) efektif.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model R&D (research and development). Tahapan-tahapan dari model R&D yaitu: 1) Tahap Potensi dan Masalah, 2) Tahap Pengumpulan Data, 3) Tahap Desain Produk, 4) Tahap Validasi Desain, 5) Tahap Revisi Desain, 6) Tahap Uji Coba Produk, 7) Tahap Analisis dan Pelaporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran mencapai 84,4% yang berarti sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran mencapai 85,9% yang berarti praktis. Sedangkan keefektifan media pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan dari pertemuan ke-1 Sampai dengan ke-3 menggunakan media pembelajaran Medan Magnet dan Induksi Elektromagnetik menjadi efektif.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Medan Magnet, Computer Assisted Instruction, R&D
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF MEDAN MAGNETIC AND ELECTROMAGNETIC INDUCTION LEARNING MEDIA BASED ON COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) IN SURABAYA STATE UNIVERSITY
Name : Farhana Safitri Dewi
Study Program : S1 Pendidikan Teknik Elektro
Department : Teknik Elektro
Faculty : Teknik
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Dr. Euis Ismayati, M.Pd
Learning media is teaching material is a set of scientific material consisting of facts, concepts, principles, generalization of a science that comes from the curriculum and can achieve learning objectives. Media in the teaching and learning process as graphic, photographic, or electronic tools for capturing, processing, and reconstructing visual or verbal information. Based on this understanding can be conveyed the notion of media is everything that is used to convey information from the sender of the message to the recipient of the message. learning media can also be interpreted as a tool in the form of physical or non-physical which is intentionally used as an intermediary between teachers and students in understanding learning materials to be more effective and efficient.
Computer Assisted Intruction is a computer application for learning. Computer-based technology is a way of producing and delivering learning materials using devices that are sourced from microposes.
The purpose of this study is to produce appropriate Computer Assisted Intruction based learning media in Physics Courses with criteria (1) valid, (2) practical (3) effective.
The type of research used in this research is development research. The development model used in this study is the research and development (R & D) model. The stages of the R & D model are: 1) Potential and Problem Phase, 2) Data Collection Phase, 3) Product Design Phase, 4) Design Validation Stage, 5) Design Revision Phase, 6) Product Testing Phase, 7) Analysis Phase and Reporting.
The results showed that the validity of learning media reached 84.4% which means it is very valid. The practicality of learning media reaches 85.9% which means practical. While the effectiveness of instructional media shows an increase from the 1st to 3rd meetings using learning media Magnetic Field and Electromagnetic Induction to be effective.
Keywords: Learning media, Magnetic Field, Computer Assisted Instruction, R&D