Redesain Stasiun Indro dan Stasiun Kandangan dengan Peningkatan Fasilitas Pelayanan Penumpang Kereta Api
Redesign Of Indro Station and Kandangan Station With Improved Passenger Service Facilities For Railway Transport
Stasiun Kereta Api memiliki fungsi sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang dilengkapi dengan fasilitas seperti peron, ruang tunggu dan toilet. Peningkatan fasilitas diperlukan untuk memenuhi standar pelayanan minimum dan kenyamanan pengguna moda transportasi Kereta Api, terutama di Stasiun Indro dan Stasiun Kandangan yang mengalami peningkatan penumpang dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan meredesain Stasiun Indro dan Stasiun Kandangan agar sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum agar dapat meningkatkan pelayanan penumpang. Metode-metode yang dipakai pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menggambarkan fenomena yang ada tanpa menghubungkan variable. Metode ini focus pada data factual tanpa manipulasi variable dengan langkah langkah mencari permasalahan yang ada kemudian dianalisis dan dikembangkan berdasarkan hasil analisis yang sesuai selanjutnya akan digambar menggunakan software Autocad untuk 2 dimensi dan Sketchup untuk 3 dimensi. Hasil penelitian ini dapat menghasilkan beberapa masukan kepada perusahaan PT. Kereta Api Indonesia untuk meningkatankan fasilitas-fasilitas pelayanan penumpang pada Stasiun Indro dan Stasiun Kandangan khususnya pada beberapa aspek yang sangat penting, pada Stasiun Indro dan Stasiun Kandangan terdapat fasilitas ruang tunggu, toilet dan peron belum sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum tentu perlu nya perencanaan peningkatan fasilitas pada aspek tersebut serta penambahan ruang laktasi bagi ibu yang mempunyai anak balita, dengan kondisi tidak adanya peron pada Stasiun Indro dan Stasiun Kandangan perlunya perencanaan pembangunan peron yang disesuaikan dengan Standar Teknis Bangunan Stasiun Kereta Api dengan Panjang 84 meter di Stasiun Indro dan 183 meter di Stasiun Kandangan dengan lebar 2 meter dan tinggi 1 meter, dan berdasarkan layout terjadi perubahan luas bangunan pada Stasiun Indro dari Panjang 44 Meter dan Lebar 4 Meter menjadi Panjang 63 Meter dan Lebar 9 Meter dan Stasiun Kandangan memiliki Panjang awal 41 Meter dan Lebar 10 Meter menjadi Panjang 73 Meter dan Lebar 7 Meter.
Kata Kunci: Stasiun, Kereta Api, Standar Pelayanan Minimum, Software Autocad, Software Skethcup.
Railway stations have a function as a place to raise and lower passengers equipped with facilities such as platforms, waiting rooms and toilets. Facility improvements are needed to meet minimum service standards and the comfort of users of Railway transportation modes, especially at Indro Station and Kandangan Station which have increased passengers from year to year. This research aims to redesign Indro Station and Kandangan Station to comply with the provisions of the Ministerial Regulation and in accordance with the Minimum Service Standards in order to improve passenger services. The methods used in this research use quantitative methods to describe existing phenomena without connecting variables. This method focuses on factual data without manipulating variables with steps to find existing problems then analyzed and developed based on the results of the appropriate analysis which will then be drawn using Autocad software for 2 dimensions and Sketchup for 3 dimensions. The results of this study can produce some input to the company PT. Kereta Api Indonesia to improve passenger service facilities at Indro Station and Kandangan Station, especially in some very important aspects, at Indro Station and Kandangan Station there are waiting room facilities, toilets and platforms that are not in accordance with the Minimum Service Standards, of course it is necessary to plan for improving facilities in these aspects and adding lactation rooms for mothers who have children under five, with the condition of the absence of platforms at Indro Station and Kandangan Station the need for planning the construction of platforms that are adjusted to the Technical Standards for Railway Station Buildings with a length of 84 meters at Indro Station and 183 meters at Kandangan Station with a width of 2 meters and a height of 1 meter, and based on the layout there is a change in the building area at Indro Station from 44 meters long and 4 meters wide to 63 meters long and 9 meters wide and Kandangan Station has an initial length of 41 meters and a width of 10 meters to 73 meters long and 7 meters wide.
Keywords : Station, Railways, Minimum Service Standards, Autocad Software, Sketchup Software.