IMPROVING STUDENTS CRITICAL THINKING ABILITY BY USING ANDROID-BASED INTERACTIVE MULTIMEDIA
Abstrak
Kurangnya media pembelajaran dan pembiasaan berpikir kritis menjadi permasalahan dalam pendidikan abad 21. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis android. Penelitian ini berjenis R&D dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan, meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran yang mendapatkan rata-rata sebesar 88,15% dari ahli validasi media, materi, dan evaluasi. Kepraktisan didapatkan dari angket respon peserta didik sebesar 87,15% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga kemampuan berpikir kritis meningkat. Peningkatan setiap indikator kemampuan berpikir kritis digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil pretest mendapatkan kategori sangat rendah pada setiap indikatornya, kemudian hasil posttest mengalami peningkatan tiap indikator kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari pemaparan penjelasan secara sederhana, membangun keterampilan dasar, dan menyimpulkan mendapatkan kategori sangat tinggi sebesar 95%, 83,33%, dan 86,15%. Sedangkan indikator kemampuan dalam menyampaikan pemaparan lebih lanjut, serta mengelola strategi dan rencana mendapatkan kategori tinggi sebesar 75% dan 78%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat ketika menggunakan multimedia interaktif berbasis android. Kemampuan ini dapat meningkat secara signifikan apabila penyajian materi pada multimedia interaktif dibuat lebih menarik dalam pengembangan selanjutnya.
Kata kunci: R&D, kemampuan berpikir kritis, multimedia interaktif, android, ekonomi
Abstrac
Lack of learning media and critical thinking habituation is a problem in 21st century education. The purpose of this study is to analyze the feasibility, practicality,and effectiveness of android-based interactive multimedia. This type of research is R&D using the 4D model from Thiagarajan, including the stages of define, design, develop, and disseminate. The results of this study indicate that android-based interactive multimedia is very suitable for learning process which gets an average of 88.15% from media validation, material, and evaluation experts. Practicality, it obtained from the students’ responses questionnaire by 87.15% with the very good category.This shows that android-based interactive multimedia can increase students' interest in learning so it will increase critical thinking skills. The improvement of each indicator of critical thinking skills is used to determine the level of effectiveness. The pretest results get the very low category on each indicator, then the posttest results have an improvement in each indicator of critical thinking skills consisting of simple explanation, building basic skills, and concluding and get very high category by 95%, 83.33% , and 86.15%. Meanwhile, some indicators of ability to deliver further explanation and managing strategies and plans were in the high category by 75% and 78%. It can be concluded that the critical thinking skills of students increase when they use android-based interactive multimedia. This ability can be significantly increased if the presentation of material of interactive multimedia is made more attractive in subsequent developments.
Keywords: R&D, critical thinking skills, interactive multimedia, android, economy