Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan
Implementation Of Literacy Movement in Elementary School Through Fun Reading Programs
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis pengimplementasian gerakan literasi di sekolah dasar dengan program membaca menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif . Desain penelitian ini menggunakan studi kepustakaan /studi literatur. Data penelitian dikumpulkan melalui kajian teks, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi di sekolah masih pada tahap pembiasaan . Tahap ini merupakan tahap awal dari tahapan pelaksanaan program literasi. Pada tahap ini proses pembiasaan pada siswa masih perlu ditingkatkan . Faktor penunjang fasilitas yang memadai antara lain buku yang relevan dan menarik minat, perpustakaan, informasi dan teknologi. Adapun faktor penghambat yang dihapi antara lain cara membaca yang monoton, kurangnya kesadaran membaca sejak dini,tidak adanya kerjasama antara warga sekolah dan masyarakat.
Kata kunci : implementasi gerakan literasi, membaca menyenangkan.
Abstract
The purpose of this article is to determine, explain, and analyze the implementation of literacy movement in elementary school through fun reading programs. This research design uses literature study. Data of this research is collected through text studies and the analyzed with content analysis techniques. Based on literature study show that implementation of literacy movement in school is still at the stage of habituation. This stage is the initial stage of the implementation stage of the literacy program. At this stage the habituation process for students still needs to be improved. Supporting adequate facilities factors include: relevant and interesting books, libraries, information and technology. The inhibiting factors include: the monotonous way of reading, lack of awareness of reading from an early age, lack of cooperation between school members and the community.
Keyword : implementation of literacy movement, fun reading.