Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu agar siswa dapat memecahkan masalah. Soal PISA dapat digunakan dalam memunculkan aktivitas pemecahan masalah tersebut. Pada penelitian ini, pemecahan masalah ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Tipe kepribadian Keirsey dipilih karena memungkinkan memberikan perbedaan pada setiap tipe kepribadian siswa. Tipe kepribadian Keirsey didasarkan pada ciri-ciri setiap individu dalam mengambil dan mengolah informasi, membuat keputusan, dan pola pelaksanaan tugasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah soal PISA konten space and shape siswa SMP kelas VIII dintinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 siswa kelas VIII SMPN 4 Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019 yang mewaikili masing-masing tipe kepribadian Keirsey, yaitu guardian, artisan, rational, dan idealist. Pemecahan masalah pada penelitian ini dianalisis berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya.
Hasil penelitian menunjukkan pada tahap memahami masalah, siswa berkepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist membaca soal dan mampu mengidentifikasi informasi-informasi dalam soal. Subjek guardian merepresentasikan apa yang diketahui ke dalam bentuk simbol. Sedangkan artisan, rational, dan idealist merepresentasikan apa yang diketahui ke dalam bentuk verbal dan simbol. Keempat subjek merepresentasikan apa yang ditanyakan soal ke dalam bentuk verbal.
Pada tahap membuat rencana penyelesaian, keempat subjek mampu mengaitkan informasi yang diketahui dengan pengetahuan sebelumnya untuk membuat rencana. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, keempat subjek menggunakan pengetahuan yang sesuai untuk melaksanakan rencana penyelesaian yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Pada tahap ini subjek guardian melakukan sedikit kesalahan dalam menerapkan rumus yang digunakan.
Pada tahap memeriksa kembali, subjek guardian dan rational tidak memeriksa penyelesaian secara detail, namun hanya pada perhitungan yang dirasa penting. Subjek artisan hanya memeriksa kesesuaian jawaban dengan apa yang ditanyakan soal. Sedangkan subjek idealist memeriksa semua perhitungan yang digunakan.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Soal PISA Konten Space and Shape, Tipe Kepribadian
One of the goals of learning mathematics is students to be able to solve problems. PISA problems can be used to bring up the problem-solving activities. In this study, problem solving is viewed from Keirsey's personality type . Keirsey's personality type is chosen because it offers possibility on differences in each students’ personality type. Keirsey's personality type is based on the characteristics of each individual in taking and processing information, making decisions, and patterning the implementation of their tasks.
This study aims to describe the problem solving profile of the PISA space and shape content by grade VIII junior high school students viewed from Keirsey's personality type. This research is a qualitative descriptive study using test and interview methods. The subjects in this study consisted of four students of grade VIII of state junior high school 4 Sidoarjo academic year 2018/2019 which represent each of Keirsey’s personality type, ie guardian, artisan, rational, and idealist. Problem solving in this study was analyzed based on the stages of Polya’s problem solving.
The results showed that on the stage of understanding the problem, the students with personality type guardian, artisan, rational, and idealist read the questions and were capable in identifying the information in the question. The guardian subject represented what is known in symbolic form. While the artisan, rational, and idealist subjects represented what is known in verbal and symbolic form. The four subjects represented what is asked about the question in verbal form.
At the stage of devising a plan, the four subjects were able to link the information that was known with prior knowledge to make a plan. At the stage of carrying out the plan, the four subjects used the appropriate knowledge to implement the settlement plan that has been made in the previous stage. At this stage the guardian subject made a few mistakes in applying the formula used.
At the stage of looking back, guardian subject and rational did not examine solutions in detail , but only check on calculations that are considered important. Artisan subject only checked the suitability of the answers to what the questions are asked for. While the idealist subject checked all the calculations that were used.
Keywords: Problem Solving, PISA Questions Space and Shape Content, Personality Type