Sastra pada umumnya merepresentasikan kepahlawanan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia melalui cerita-cerita atau karya sastra. Dalam dunia kepahlawanan, setiap pahlawan selalu memiliki sebuah kisah perjalanan. Setiap kisah perjalanan selalu ada proses transisi perpindahan di mana karakter utamanya berpindah dari ‘Ordinary World’ atau zona nyamannya dan ke ‘Special World’ atau zona spesial yang tidak di kenal, kemudian kembali ke zona nyaman barunya (Campbell, 1949). Banyak penelitian sebelumnya mengeksplorasi perubahan atau metafora kisah perjalanan pahlawan yang mencerminkan kehidupan manusia dalam narasi baik berupa visual atau tekstual dan mereka semua sepakat menerima ruang lingkup studi ini dalam penelitian akademik. Penelitian ini memiliki dua pertanyaan penelitian; terdiri dari (1) Pola struktur Mitologi kisah perjalanan pahlawan apa yang terefleksikan pada literasi naratif para peneliti? Dan (2) bagaimana literasi sponsor digambarkan dengan karakter arketipe dalam literasi naratif para peneliti? Berdasarkan pertanyaan penelitian itu, makalah ini bertujuan untuk merefleksikan struktur kepahlawanan mitologis dalam kisah perjalanan para peneliti muda dan bagaimana karakter arketipe dalam perjalanan mereka mencerminkan sponsor literasi.
Penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif untuk mendapatkan pemahaman tentang transisi atau metafora kisah perjalanan peneliti melalui struktur mitologi pada kisah pengalaman penelitian mereka. Data yang dipilih berdasarkan proses seleksi dan kriteria yang ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mencari data yang diperlukan dalam penelitian. Data dikumpulkan dengan metode dokumenter dan tugas terbuka atau dalam bentuk literasi naratif. Subjek penelitian adalah 12 literasi naratif para peneliti muda yang terdiri dari 7 literasi naratif yang sudah diterbitkan dan 5 literasi naratif yang ditugaskan kepada para partisipan. Penelitian ini menggunakan konsep analisis data kualitatif yang diusulkan oleh Miles, Huberman dan Saldana ”(2014) yang meliputi: (a) kondensasi data dengan mengkodekan literasi naratif peserta, (b) tampilan data, kemudian (c) menggambar, verifikasi, dan kesimpulan berdasarkan pada pengkodean dan kategorisasi data.
Penelitian sendiri sering dianggap sebagai kisah perjalanan yang memperluas dan mengembangkan pengetahuan atau kompetensi yang ada. Hal ini juga bisa di sebut sebagai keterampilan atau kecapakan melek huruf para peneliti. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa atau peneliti muda dalam kisah perjalanan penelitian mereka secara tidak sadar mengikuti proses ‘Separation, Initiation, Return’ struktur pola mitologis melalui literasi naratif mereka. Karakter arketipe yang ada di dalam kisah perjalanan penelitian mereka juga berbubungan dengan apa yang Brand sebut sebagai 'literasi sponsor'. Para peneliti sebagai Pahlawan ‘Hero’ dalam kisah penelitian mereka tidak hanya melibatkan para karakter arketipe yang mendukung mereka seperti Herald, Mentor, Allies, Trickster, tetapi juga karakter arketipe yang menghalangi mereka seperti Threshold Guardian, Shadow, Shapeshifter. Hasil yang disajikan dalam makalah ini dapat memfasilitasi usaha memperbaiki proses melek huruf yang di mana berguna untuk memotivasi, dan membantu para peneliti pemula untuk memahami tahap-tahap proses transisi kisah perjalanan pahlawan mereka sendiri saat melakukan penelitian baru mereka.
Literature is commonly representing heroism, which inseparable from human being’s lives through stories or literary works. In heroism, each hero has a journey. Each journey has its transition process where the main characters change from their common world and jump into unfamiliar special word, then return to their ordinary world (Campbell’s, 1949). Many studies explore the changes or metaphors of the Hero’s Journey reflect through humans’ life in narratives, whether visual or textual, and they accepted this scope of studies in academic research. This study has two research questions; they are (1) what patterns of Mythic structure Journey are reflected in researchers’ literacy narratives? Moreover, (2) how is literacy sponsorship represented by Archetypal Character in researchers’ literacy narratives? Based on that research question, this paper aims to reflect on the mythological heroism structure on the journey of young researchers and how the Archetypal Characters inside their journey reflect the literacy sponsorship.
This study uses the qualitative a case study to obtain the comprehension of researchers' metaphor journeys through Mythical structure on their research experiences. The data choose based on a purposeful selection and criteria set to reveal the required data in the research — the data collected through documentary and open-ended task or literacy narratives. The subjects are 12 young researchers’ literacy narratives, which consisting of 7 published literacy narratives and five literacy narratives tasked. This study uses the concept of qualitative data analysis proposed by Miles, Huberman and Saldana” (2014) covering: (a) data condensation by coding the participants’ literacy narratives, (b) data display, then (c) drawing, verification, and conclusions based on the coding and categorized data.
Researching often considered as a journey that extends the existing knowledge, and it also develops new knowledge or the competence which represent as the literacy skills of researchers. The result in this study shows that students or young researchers in their research journey unconsciously followed the Campbell’s mythological ‘separation, initiation, and return’ stages pattern of the Mythic Structure through their literacy narratives. The archetype Mythical Structure characters which exist inside their research Journey also related to what Brand term as ‘literacy sponsor’ inside their research journey. They as Heroes involve not only supportive archetypal characters like Herald, Mentor, Allies, Trickster, but also the hinder archetypal characters like Threshold Guardian, Shadow, Shapeshifter. The result presented in this paper may facilitate the literate improvements in which to motivate, to help the novice researcher to understand their own hero’s journey about the stages of their transition stage of while conducting their new research.