Menembus Batas Estetika Karya Instalasi Jenny Lee
THROUGH THE LIMITATIONS OF JENNY LEE'S INSTALLATION WORKS
Karakteristik tanah liat yang plastis dapat menghantarkan keramik menjadi benda fungsional, hias, dan sebagai media ekspresi seni. Perkembangan seni instalasi sebagai media ekspresi dalam seni rupa, juga berdampak pada seni keramik. Karya keramik instalasi Jenny Lee memiliki nilai estetika tinggi dan bevariasi. Jenny Lee keramikus asal Surabaya, telah menghasilkan 55 lebih karya keramik yang telah dipamerkan dalam skala nasional maupun internasional. Tujuan artikel ini adalah mendiskripsikan makna karya keramik instalasi Jenny Lee pada periode tahun 2004 sampai 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendiskripsikan makna dari karya keramik instalasi Jenny Lee, yang dilakukan melalui tahapan deskripsi karya, analisis karya, dan interpretasi untuk memperoleh makna karya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa karya keramik instalasi Jenny Lee pada periode 2004-2009 berupa figur-figur terdekat dalam kehidupannya, bertema kesendirian, mimpi, dan harapan. Karya instalasi menggunakan material keramik bakaran tinggi, pembentukan dengan teknik pinch dan cetak tekan, penerapan repetisi dalam prinsip seni menjadi karakteristik sajian visual instalasinya. Kesimpulannya bahwa, secara garis besar makna karya berupa pentingnya memahami renungan dari dialog dan peran perempuan dalam manifestasi kehidupan diri sendiri dan sekitarnya yang kontemplatif, jujur, dan berkontribusi. Implikasi artikel ini adalah agar dapat menjadi motivasi berkarya bagi mahasiswa dan penggiat seni umumnya.
Kata Kunci: Keramik, Instalasi, Jenny Lee, Makna, Estetika.
The plastic characteristics of clay can deliver ceramics into functional objects, decorative objects, and as a medium of artistic expression. The development of installation art as a medium of expression in fine arts has also had an impact on ceramic art. Jenny Lee's ceramic works have high aesthetic value and variety. Jenny Lee ceramicus from Surabaya, has produced more than 55 ceramic works that have been exhibited on a national and international scale. The purpose of this article is to describe the meaning of Jenny Lee's installation ceramics in the period from 2004 to 2009. The research method used is descriptive qualitative that is to describe the meaning of Jenny Lee's installation ceramics, which is carried out through the stages of work description, work analysis, and interpretation to obtain meaning creation. From the results of the study, it was found that Jenny Lee's installation ceramics in the period 2004-2009 were the closest figures in her life, themed on loneliness, dreams, and hopes. Installation works using high-burning ceramic materials, forming with pinch and press molding techniques, applying repetition in art principles are the characteristics of the visual presentation of the installation. The conclusion is that, broadly speaking, the meaning of the work is the importance of understanding the reflection of the dialogue and the role of women in the manifestation of one's own life and surroundings that is contemplative, honest, and contributing. The implication of this article is that it can be a motivation to work for students and art activists in general.
Keywords: Ceramics, Installation, Jenny Lee, Meaning, Aesthetics.