ABSTRAK
Saputro. 2019. Proses Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. I. Ketut Budayasa, Ph.D. dan (II) Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Kata Kunci: Proses Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Belajar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses berpikir kritis siswa SMP kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksploratif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini satu orang siswa perempuan dengan gaya belajar visual, satu orang siswa perempuan dengan gaya belajar auditori, dan satu orang siswa dengan gaya belajar kinestetik. Ketiga subjek tersebut memiliki kemampuan matematika menengah keatas dan setara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tugas dan wawancara yang dilakukan sebanyak dua kali.
Hasil penelitian yang didapat pada penelitian ini adalah (1) Proses berpikir kritis siswa SMP kelas VIII dengan gaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika yaitu pada tahap memahami masalah, subjek melakukan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan eksplanasi. Pada tahap menyusun rencana penyelesaian masalah, subjek melakukan analisis, inferensi, eksplanasi. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, subjek melakukan inferensi, analisis, dan eksplanasi. Pada tahap mengecek jawaban kembali, subjek melakukan inferensi, evaluasi dan regulasi diri. (2) Proses berpikir kritis siswa SMP kelas VIII dengan gaya belajar auditori dalam memecahkan masalah matematika yaitu pada tahap memahami masalah, subjek melakukan interpretasi, analisis, inferensi, dan eksplanasi. Pada tahap menyusun rencana penyelesaian, subjek melakukan interpretasi, analisis, inferensi, dan eksplanasi. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, subjek melakukan inferensi, analisis, eksplanasi, dan regulasi diri. Pada tahap mengecek jawaban kembali, subjek melakukan inferensi, evaluasi, dan regulasi diri. (3) Proses berpikir kritis siswa SMP kelas VIII dengan gaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika yaitu pada tahap memahami masalah, subjek melakukan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan eksplanasi. Pada tahap menyusun rencana penyelesaian subjek melakukan analisis, evaluasi, inferensi, dan eksplanasi. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, subjek melakukan inferensi dan eksplanasi. Pada tahap memeriksa kembali jawaban, subjek melakukan inferensi dan evaluasi.
ABSTRACT
Saputro. 2019. Critical Thinking Process of Middle School Students in Mathematical Problems Solving Based on Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles. Thesis. Mathematics Education Study Program, Surabaya State University Postgraduate Program. Supervisor (I) Prof. I. Ketut Budayasa, Ph.D. and (II) Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Keywords: Critical Thinking Process, Mathematical Problem Solving, Learning Style
The purpose of this study is to describe the critical thinking process of eighth grade junior high school students in solving mathematical problems in terms of visual, auditory, and kinesthetic learning styles. This type of research is a descriptive exploratory study with a qualitative approach. The subjects in this study were one female student with a visual learning style, one female student with an auditory learning style, and one student with a kinesthetic learning style. All three of these subjects have intermediate and equivalent mathematical abilities. Data collection is done by giving assignments and interviews conducted twice.
The results obtained in this study are (1) The critical thinking process of eighth grade junior high school students with visual learning styles in solving mathematical problems, namely at the stage of understanding the problem, the subject does interpretation, analysis, evaluation, inference, and explanation. At the stage of preparing a problem solving plan, the subject conducts analysis, inference, explanation. At the stage of implementing the completion plan, the subject conducts inference, analysis, and explanation. At the stage of checking the answers back, the subject conducts inference, evaluation and self regulation. (2) The critical thinking process of eighth grade junior high school students with auditory learning styles in solving mathematical problems, namely at the stage of understanding the problem, the subject doing interpretation, analysis, inference, and explanation. At the stage of compiling a completion plan, the subject performs interpretation, analysis, inference, and explanation. At the stage of carrying out the completion plan, the subject conducts inference, analysis, explanation, and self regulation. At the stage of checking the answers back, the subject conducts inference, evaluation, and self-regulation. (3) The critical thinking process of eighth grade junior high school students with kinesthetic learning styles in solving mathematical problems, namely at the stage of understanding the problem, the subject doing interpretation, analysis, evaluation, inference, and explanation. At the stage of preparing a plan for completion the subject conducts analysis, evaluation, inference, and explanation. At the stage of carrying out the completion plan, the subject makes inference and explanation. In the stage of re-checking the answers, the subject conducts inference and evaluation.