Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media pembelajaran e-learning dengan menggunakan LMS chamilo, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media LMS chamilo dengan powerpoint, (3) mengetahui perbedaan siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan motivasi rendah, (4) mengetahui interaksi antara media pembelajaran LMS chamilo, powerpoint dengan motivasi belajar. Desain yang dipakai dalam penelitian ini merupakan desain penelitian jenis ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penentuan tingkat kelayakan dari media e-learning berbasis chamilo ini berdasarkan dari penilaian uji validasi oleh para ahli melalui instrumen yang disajikan dalam angket.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis factorial design 2X2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Driyorejo dan sampel yang digunakan adalah kelas X MM 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X MM 2 sebagai kelas eksperimen dengan sampel yang berjumlah 64 siswa. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini antara lain Variabel bebas (media pembelajaran), Variabel terikat (hasil belajar siswa), Variabel Moderator (Motivasi Belajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis chamilo pada mata pembelajaran sistem komputer dinyatakan melalui pendapat para ahli validator. Presentase yang didapatkan untuk aspek format sebesar 96% yang dikategorikan sangat valid. Kedua, presentasd penilaian pada format ilustrasi adalah 86,66% yang masuk kedalam kategori sangat valid. Ketiga, presentase penilaian pada format bahasa adalah 83,33% yang masuk pada kategori sangat valid. Keempat adalah presentase penilaian pada format isi sebesar 86,66% yang menunjukkan bahwa masuk kedalam kategori sangat valid dengan total dari keempat aspek penilaian sebesar 89,74% dinyatakan dengan kategori sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Hasil penelitian yang dianalisa dengan menggunakan ANOVA dua jalur menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media LMS Chamilo lebih tinggi dibanding sisw yang menggunakan media power point dengan nilai F Hitung lebih besar dari pada F Tabel (8,404 > 4,00) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,005 < 0,05). (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi tinggi, lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki motivasi rendah nilai F Hitung lebih besar dari pada F Tabel (32,615 > 4,00) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). (3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar nilai F Hitung lebih kecil dari pada F Tabel (0,159 < 4,00) dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,691 > 0,05)