Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa, dan peningkatan keterampilan proses sains siswa terhadap model pembelajaran problem based instruction materi pemisahan campuran kelas VII di SMPN 2 Gondang Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan pre-experimental design dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas VII-A berjumlah 32 siswa. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran memeroleh modus skor 3 termasuk kategori baik, (2) Hasil belajar pengetahuan siswa 78,12% mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM), hasil belajar pengetahuan dari analisis diperoleh data berdistribusi normal, hasil uji t berpasangan menunjukan perbedaan yang signifikan dengan nilai sig sebesar 0,000 dan N-gain sebesar 0,6 dan (3) keterampilan proses sains siswa meningkat ditandai dengan hasil perhitungan Uji N-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang didasarkan dari hasil Uji-t berpasangan diperoleh p (0,000) < 0,05 dengan signifikan α = 0,05. Hasil penerapan diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan proses sains.
Kata kunci: Model pembelajaran problem based instruction, peningkatan hasil belajar pengetahuan, dan peningkatan keterampilan proses sains siswa.
The purpose of this study is to describe implementation of learning, the improvement of student’s learning outcomes, and improving the process of student’s science skill to the model of problem based instruction of class VII at SMPN 2 Gondang Bojonegoro. This reasearch uses descriptive quantitative method with the type of research uses pre-exprerimental design by using one class of class VII-A that is 32 students. The research design used group pretest and posttest design. Technique of data collection in this research used onservation, test, and questionnaire methods. The result of research showed that : (1) The result of the implementasi of problem based instruction obtain score mode 3 including good categoris. (2) Increased learning outcome from the analysis obtained data with normal distribution, the result of paired t-test showed a significant difference with a sig value of 0,000. Then N-gain is 0,6. (3) improving the prosess of studentd science skill is characterize by N-gain test of o,6 with the medium category it is from Uji-t Obtained p (0,000) < (0,05) by standard significant α =0,05. The results of the application obtained conclusions that of problem based instruction model can improve student’s learning outocomes and science process skill in maxed separation material.
Keywords: problem based instruction model, improvement of learning outocomes, science process skill