IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SATUAN LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KELUARGA
IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE IN UNITS EDUCATIONAL INSTITUTIONS AND FAMILY
Terdapat fenomena proses pembelajaran pada satuan lembaga pendidikan di Kelompok Bermain (KB) yang telah melibatkan orang tua memiliki kesepakatan untuk bekerjasama dengan pihak sekolah dan guru yang memberikan karakter dalam program profil pelajar pancasila terhadap anak. Dunia pendidikan dihadapkan dengan permasalahan degradasi moral oleh peserta didik atas kasus bullying dan kekerasan di sekolah yang menyebabkan adanya korban. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan dan hasil implementasi profil pelajar pancasila pada satuan lembaga pendidikan dan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini guru, orang tua, dan peserta didik di KB Al Muslim Sidoarjo. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi profil pelajar pancasila pada satuan lembaga pendidikan memberikan penguatan dimensi bernalar kritis pada peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran. Sedangkan, implementasi profil pelajar pancasila pada keluarga ini memberikan karakter kuat dengan dimensi bergotong royong yang dilakukan orang tua dan anak dalam proses keterlibatan disekolah.
Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Lembaga Pendidikan, Keluarga
There is a phenomenon of the learning process in educational institutions in Playgroups (KB) that have involved parents who have an agreement to cooperate with the school and teachers who provide character in the Pancasila student profile program for children. The world of education is faced with the problem of moral degradation by students due to cases of bullying and violence in schools that cause victims. This study aims to describe and analyze the implementation and results of the implementation of the Pancasila student profile in educational institutions and families. This study uses a qualitative descriptive research method with a phenomenological research type. Data collection in this study was carried out by participant observation, in-depth interviews, and documentation. The subjects in this study were teachers, parents, and students at KB Al Muslim Sidoarjo. Data analysis used was data collection, data reduction, data presentation, and verification of conclusions. Data validity uses credibility, dependability, confirmability, and transferability. The results of this study found that the implementation of the Pancasila student profile in educational institutions provides reinforcement of critical reasoning dimensions for students in the learning process. Meanwhile, the implementation of the Pancasila student profile in this family provides a strong character with a dimension of mutual cooperation carried out by parents and children in the process of involvement at school.
Keywords: Pancasila Student Profile, Educational Institutions, Family