Menulis argumentatif di pendidikan tinggi telah menjadi tantangan selama bertahun-tahun dan siswa lebih mempunyai kemampuan rendah jika dibandingkan dengan tulisan lain yang diatur dalam kurikulum yang digunakan. Sejalan dengan fenomena saat ini salah satu strategi dalam kelas menulis yang dapat membantu kelas menjadi lebih efektif adalah integrasi teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dan Edmodo digunakan. Studi kualitatif digunakan untuk mendapatkan jawaban mendalam tentang bagaimana dosen menggunakan Edmodo dalam mengajar esai argumentatif; bagaimana bentuk karangan argumentasi siswa yang didukung dengan pemanfaatan Edmodo; ciri-ciri kohesi dalam karangan argumentasi siswa. Analisis data mengungkapkan bahwa dosen sepenuhnya memanfaatkan penggunaan Edmodo melalui fitur-fiturnya dengan memposting materi terkait tentang bagaimana esai argumentatif harus disusun. Kedua, tulisan argumentatif siswa muncul dengan tiga tampilan. Yang pertama adalah ditemukan struktur permukaan yang baik tetapi kualitas penalaran yang buruk; kegagalan untuk membantah semua kontra-argumen; struktur permukaan yang baik tetapi kualitas penalaran yang buruk, terutama dengan bantahan yang tidak selaras; struktur permukaan yang baik tetapi sanggahan yang buruk merusak kualitas penalaran secara keseluruhan, ada esai yang sesuai dengan struktur permukaan karena mengandung dua atau tiga alasan. Terakhir, mengenai kohesi, mahasiswa terlalu sering menggunakan tanda baca dan preposisi. Penggunaan referensi sebagian besar tidak bermasalah, kecuali untuk penggunaan artikel 'the'. Kesulitan mahasiswa dengan kurangnya keragaman item leksikal menunjukkan kurangnya pengetahuan kosakata bahasa Inggris.
Kata kunci: edmodo, kohesi, esai argumentatif, kelas menulis
Argumentative writing in higher education has been a challenge over the years and students perform poorly when compared to other writing that is stipulated in the curriculum used. In line with recent phenomena one of the strategies in writing class that could help the class into something more effective is the integration of technology within teaching and learning activities and Edmodo is considered used. A qualitative study was used in order to gain an in-depth answers of how the teacher utilizes Edmodo in teaching argumentative essay; how are the students argumentative essays look like which is supported by the use of Edmodo; the characteristics of cohesion within the students’ argumentative essay. Data analysis revealed that teacher was fully exploited the use of Edmodo through its features by posting related materials of how argumentative essays should be composed. Secondly, the students argumentative writing come up with three looks. The first is it was found good surface structure but poor quality of reasoning; failure to rebut all of the counterarguments; good surface structure but poor quality of reasoning, particularly with non-aligned rebuttals; good surface structure but poor rebutting undermining the overall quality of reasoning, there were essays that conformed well to surface structure as they contained two or three reasons. Finally, regarding to the cohesion, students overused punctuation and preposition. The students’ use of reference was mostly unproblematic, except for the use of the definite article ‘the’. The students’ difficulty with the lack of diversity of lexical items might indicate a lack of knowledge of English vocabulary.
Keywords: edmodo, cohesion, argumentative essays, writing class