STRATEGI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN MASA PANDEMI COVID-19
PRINCIPAL'S STRATEGY TO ENHANCE PARENTAL INVOLVEMENT IN EDUCATION DURING COVID-19 PANDEMIC ERA
Keterlibatan orang tua merupakan aspek krusial dalam membentuk pendidikan berkualitas di masa pandemi. Tidak hanya berkaitan dengan capaian akademik siswa, tetapi juga terhadap program-program dan kebijakan yang diambil oleh sekolah. Meskipun demikian, praktik keterlibatan orang tua di Indonesia masih belum optimal. Latar belakang orang tua, terbatasnya ruang gerak orang tua untuk berpartisipasi, serta kurangnya antusiasme orang tua untuk terlibat menjadi pemicu kurang maksimalnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan masa pandemi. Hal ini menempatkan urgensi dari strategi kepala sekolah dalam meningkatkan keterlibatan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif pada SD Kreatif Insan Rabbani, Gedangan, Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah berfokus pada penciptaan lingkungan positif terhadap keterlibatan orang tua melalui komunikasi berkelanjutan, pemberian fasilitas yang dibutuhkan siswa dan orang tua selama masa pandemi, bersikap terbuka kepada masukan dan saran, serta pemberian bantuan professional dan sejawat kepada guru. (2) Faktor yang menunjang keberhasilan strategi ini adalah adanya visi yang kuat dari kepala sekolah akan pelibatan orang tua serta kerja sama tim yang baik antar elemen sekolah. (3) Faktor penghambat adalah kurangnya ketersediaan fasilitas dan keterbatasan waktu orang tua untuk terlibat.
Kata kunci: Keterlibatan orang tua, Strategi kepala sekolah, Pandemi Covid-19
Parental involvement is a crucial factor that must be maintained to shape high-quality education during the pandemic era, which affects not only students’ academic achievements but also how school policies and programs would be carried on. However, the implementation of parental involvement in Indonesian education is still far from perfect. Parents’ background, limited involvement space, and lack of enthusiasm in getting involved can be considered a trigger for the low-rate parental involvement during pandemic times. Thus, there is a need for school principals to create an effective strategy that would enhance parental involvement in education. This study is aimed to examine the strategy used by the principal of SD Kreatif Insan Rabbani, Gedangan, Sidoarjo, East Java. The results indicated that (1) The strategy used by the principal is focused on creating positive environment for parental involvement for both teachers and parents through continuous communication, facilitating parents’ and students’ need through programs, open to feedback attitude, and assisting professional help. (2) Supporting factors for this strategy are principal’s strong vision towards parental involvement and strong teamwork among school elements. (3) The inhibiting factors are lack of resources and parents’ limited time to be involved.
Keywords: Parental involvement, principal’s strategy, Covid-19 pandemic