Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis
The Development of Mollusca Student Worksheet Based on Learning Cycle 7e to Train Critical Thinking Skill
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop dan Diseminate) untuk menghasilkan LKPD Mollusca berbasis Learning Cycle 7E untuk melatih keterampilan berpikir kritis. LKPD ini merupakan sumber belajar yang memuat kegiatan berdasarkan fase Learning Cycle 7E untuk melatih peserta didik dalam berpikir kritis secara mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD Mollusca berbasis Learning Cycle 7E yang valid dan praktis untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Validitas LKPD ditinjau dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, kesesuaian dengan Learning Cycle 7E dan kesesuaian dengan indikator berpikir kritis. Kepraktisan LKPD ditinjau dari hasil respon guru Biologi SMA dan 10 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Paciran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata kelayakan sebesar 3,52 yang meliputi aspek isi sebesar 3,49, aspek penyajian sebesar 3,53, aspek kebahasaan sebesar 3,58, aspek kesesuaian dengan Learning Cycle 7E sebesar 3,52 serta aspek kesesuaian dengan indikator berpikir kritis sebesar 3,48. LKPD juga dinyatakan sangat praktis dengan memperoleh rata-rata respon dari peserta didik sebesar 99,7% dan dari guru sebesar 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Mollusca berbasis Learning Cycle 7E ini sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran karena dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Mollusca.
This research is a development research that uses the 4D model (Define, Design, Develop and Diseminate) to produce Mollusca student worksheet based on the 7E Learning Cycle to train critical thinking skills. This student worksheet is a learning resource that contains activities based on the 7E Learning Cycle phase to train students in critical thinking independently. The purpose of this research is to produce student worksheet based on Learning Cycle 7E that is feasible and practical to train critical thinking skills. The validity of student worksheet is viewed from the aspects of content, presentation, language, conformity with the 7E Learning Cycle and conformity with indicators of critical thinking. The practicality of student worksheet is seen from the results of the response of the SMA Biology teacher and 10 students of class X SMA Negeri 1 Paciran. Data analysis was carried out by descriptive quantitative. The results showed that student worksheet was declared very valid with an average score of 3.52 which included the content aspect of 3.49, the presentation aspect of 3.53, the linguistic aspect of 3.58, the conformity aspect of the 7E Learning Cycle of 3, 52 and the aspect of conformity with the critical thinking indicator of 3.48. The student worksheet is also stated to be very practical by obtaining an average response from students of 99.7% and from teachers of 100%. Thus, it can be concluded that Mollusca student worksheet based on 7E Learning Cycle is very valid and very practical to use in learning because it can train students' critical thinking skills on Mollusca material.