PENGEMBANGAN MODUL MATERI “GAMBAR IMAJINASI” DI SMA NEGERI 4 SIDOARJO
DEVELOPMENT OF "IMAGINATION" MATERIAL MODULE IN SENIOR HIGH SCHOOL 4 SIDOARJO
Abstrak
SMA Negeri 4 Sidoarjo merupakan salah satu sekolah dengan keadaan siswa yang di dalam mata pelajaran khususnya seni budaya (seni rupa) kurang tertarik untuk menggambar dengan materi gambar imjinasi. Kegiatan di sekolah tersebut yakni kurangnya motivasi yang membuat siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo jadi kurang berminat untuk menggambar pada saat mata pelajaran seni budaya berlangsung. Oleh karena pada pembelajaran menggambar imajinasi masih sifatnya konvensional belum dilengkapi dengan modul. Masalah: bagaimana proses dan kualitas modul materi gambar imajinasi di SMA Negeri 4 Sidoarjo? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran materi Gambar Imajinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan rancangan model 4-D yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Dessiminate (Penyebaran) akan tetapi karena keterbatasan penelitian maka penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. proses pengembangan modul melalui beberapa tahap, yakni; analisis kebutuhan siswa; desain awal modul; draf I; validasi ahli materi; validasi ahli media; revisi draft I dan menghasilkan draf II; uji coba terbatas; penilaian modul oleh guru seni budaya; penilaian modul oleh siswa; revisi draf II dan menghasilkan draf III; modul final. Konsep pengembangan modul ini mengangkat materi gambar imajinasi yang mengacu pada kurikulum 2013.Hasil penilaian modul oleh validator ahli materi memperoleh skor 138 (81%) dan ahli media mendapatkan skor 114 (95%). Penilaian oleh guru seni budaya menunjukkan dengan skor 283 (96%). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa modul sangat valid.
Kata Kunci: pengembangan, modul, gambar imajinasi.
Abstrack
State Senior High School 4 Sidoarjo is one of the schools where students in subjects especially cultural arts (fine arts) are less interested in drawing art of imagination. Activities in these schools are the lack of motivation that makes students State Senior High School 4 Sidoarjo so there is less interest in drawing when the arts and culture subjects take place. Therefore, learning to draw imagination is still conventional, not equipped with modules. Problem: how is the process and quality of the imagination drawing material module in State Senior High School 4 Sidoarjo? This study aims to develop a learning module for the "Art of Imagination" material. This study uses a research and development approach with a 4-D model the draft, Define, Design, Develop, Dessiminate, but due to the limitations of the research the research only reaches the development stage. the module development process goes through several stages, namely; analysis of student needs; initial module design; draft I; material expert validation; media expert validation; revised draft I and produced draft II; limited trial; module assessment by arts and culture teachers; module assessment by students; revised draft II and produced draft III; final module. The concept of developing this module raises the Art of Imagination material developed in a module with reference to the 2013 curriculum. The results of the module evaluation by the material expert validator score 138 (81%) and the media expert score.
Keywords: development, modules, image of imagination.