Penelitian ini mengkaji tentang penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Madiun. Berdasarkan hasil analisis angket pra penelitian penguasaan kata bantu bilangan dalam bahasa Jepang, diketahui bahwa sebanyak 48 siswa dengan persentase 70% menyatakan kurang dalam penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang. Sehingga dalam penelitian ini digunakan media kazudo untuk meningkatkan penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang.
Media kazudo merupakan media visual berupa kartu permainan yang menampilkan gambar berupa benda-benda yang mewakili kata bantu bilangan bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan media kazudo terhadap penguasaan kata bantu bilangan bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2019/2020 serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap penggunaan media kazudo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan true experiment design karena adanya dua subjek penelitian yang dibandingkan yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Madiun dengan sampel kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol, proses pembelajaran menggunakan media power point, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan media kazudo.
Berdasarkan hasil uji independent sample t test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan taraf signifikan 95% (0,05), didapatkan hasil nilai probabilitas sebesar 0,048. Maka diperoleh 0,048<0,05. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai post test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adanya perbedaan ini dapat dilihat dari mean post test kelas kontrol sebesar 69,08 dan mean post test kelas eksperimen sebesar 76,07. Nilai mean kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan selisih sebesar 6,99. Hal tersebut menunjukkan bahwa media kazudo efektif digunakan atau mempunyai pengaruh positif pada kelas eksperimen.
Adanya perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen didukung oleh hasil angket respon siswa. Dari hasil analisis data angket, media kazudo mendapatkan respon positif saat pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa media kazudo mempunyai pengaruh positif terhadap kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Madiun.
This research discusses about effect of using visual media kazudo in learning Japanese counter suffix of 10th grade science 6 class of senior high school 1 Madiun academic year 2019/2020. Based on the results of pre study data analysis of students Japanese counter suffix proficiency showed that 70% (48 students) were not very familiar with Japanese counter suffix acquisition. In this research, I use kazudo to learn Japanese counter suffix.
Kazudo media is a visual media in the form of a game card that displays images in the form of objects that represent Japanese counter suffix. The purpose of this study is to describe the effect of the use of kazudo media on the mastery of Japanese counter suffix in 10th grade science 6 class of senior high school 1 Madiun academic year 2019/2020 and determine the response of students and teachers use kazudo media.
This research is a quantitative study using the True Experiment Design approach because of the two research subjects being compared namely the control class and the experimental class.The population in this research was students of 10th grade class of senior high school 1 Madiun with sample class 10th grade social 1 class as the control class and 10th grade science 6 class as the experimental class. In the control class, the learning process uses power point media, while the experimental class uses kazudo media.
Based on the results of the Independent Sample t test in the control class and experimental class with a significance level of 95% (0.05), the probability value of 0.048 is obtained. Then obtained 0.048<0.05. So it can be concluded that there is a significant difference between the post test scores of the control class and the experimental class. The existence of this difference can be seen from the mean post test of the control class of 69.08 and the mean post test of the experimental class of 76.07. The mean value of the experimental class is higher than the control class with a difference of 6.99. This shows that kazudo media is effectively used or has a positive influence on the experimental class.
The difference between the mean of the control class and the experimental class is supported by the results of the student response questionnaire. Based on the analysis of questionnaire data of students and teacher responses, kazudo media received positive responses during learning. So students became active and the learning process became interesting and enjoyable. This shows that kazudo media has a positive influence of students of 10th grade science 6 class of senior high school 1 Madiun.