Indonesia merupakan negara dengan latar belakang yang cukup beragam serta memiliki potensi pariwisata yang cukup besar dan patut untuk dikembangkan. Beberapa daerah di Indonesia mulai gencar untuk mempromosikan potensi pariwisatanya melalui sebuah city branding yang diciptakan. Sepertihalnya city branding The Spirit Majapahit merupakan program dari Komunikasi Pariwisata yang dicanangakan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mojokerto sebagai langkah uuntuk memperkenalkan potensi Pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Mojokerto.
Penelitian ini ini ditulis berdasarkan dengan teori yang dicanangkan oleh George R Terry, 1958 mengenai tentang fungsi manajemen yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating dan Controling. Dimana dalam penelitian ini, penulis melihat bagaimana cara Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan olahraga memanajemen komunikasi pariwisata dalam mewujudkan The Spirit of Majapahit yang dilaksanakan di kabupaten Mojokerto. Stakeholder dalam hal ini sebagai mitra Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga juga menjadi objek penelitian sehingga dapat melihat bagaimana proses manajamen komunikasi pariwisata yang selama ini sudah dilakukan di Kabupaten Mojokerto.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya dalam manajemen komunikasi pariwisata untuk mewujudkan The Spirit Of Majapahit di Kabupaten Mojokerto sudah terlaksana cukup baik. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kunjungan wisatawan dan pendapatan asli daerah yang memenuhi. Namun, masih ada beberapa hambatan dan juga permasalahan yang ditemukan di lapangan sehingga perlu diadakannya evaluasi supaya program dari manajemen komunikasi pariwisata ini ini akan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang dicanangkan.
Kata Kunci : Prinsip Manajemen, Komunikasi Pariwisata, Kabupaten Mojokerto
Indonesia is a country with diversity background and substantial tourism potential which worth to develop. Several regions in Indonesia have begun to be persistent in promoting their tourism potential through a city branding. As well as city branding, The Spirit of Majapahit is one of the tourism communication program launched by The Department of Tourism, Youth and Sports of Mojokerto as a step to introduce the tourism potential in Mojokerto.
This research is written based on the theory created by George R Terry, 1958 about Management function which consists of Planning, Organizing, Actuating and Controlling. Where in this research, the author observes at how The Department of Tourism, Youth and Sports manages the tourism communication to embody The Spirit of Majapahit which held in Mojokerto District. The stakeholder in this case as a partner, the department of tourism, youth and sport is also the object of this research, so that they can identify how the tourism communication management process has been carried out in Mojokerto.
According to the result of the study ; it can be found that the effort of tourism communication management to embody the spirit of majapahit in Mojokerto District had been done quite well. It can be shown through the increase of visitors and income from the original region that has occupied. However, there are still some obstacles and problems found in the field, therefore an evaluation needs to be held in order to make the tourism communication management program could run well and compatible to correspond with the purpose that already being proclaimed.
Keywords : Principles of Management. Tourism
Communication, Mojokerto Regency.