Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh multimedia interaktif 3D yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial peserta didik pada sub-materi geometri bentuk molekul. Metode yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan 4D Thiagarajan modifikasi Ibrahim. Multimedia dinyatakan layak sebagai media pembelajaran apabila memenuhi 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Instrumen penelitian untuk mengukur 3 kriteria tersebut terdiri dari lembar telaah dan validasi (validitas), lembar observasi aktivitas dan angket respon peserta didik (kepraktisan), dan lembar pre-test post-test visual-spasial dan geometri bentuk molekul (keefektifan). Multimedia dinyatakan valid mengacu pada hasil persentase validitas isi sebesar 81%, dan validitas konstruk sebesar 84% pada kategori sangat valid. Multimedia dinyatakan praktis mengacu pada hasil persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik pada rentang 82,76% - 100%, dan respon positif peserta didik pada rentang 89,66% - 100% pada kategori sangat praktis. Multimedia dinyatakan efektif mengacu pada skor N-Gain dari hasil pre-test post-test visual-spasial pada rentang 0,5714 – 1,0000, dan hasil belajar geometri bentuk molekul pada rentang 0,3750 – 1,0000 pada kategori sedang hingga tinggi.
The study aims to gain 3D Interactive multimedia that deserves to a learning medium to enhance the visual-spatial intelligence of learners in molecular sub-material form molecules. The method used was the design of the research and development of 4D Thiagarajan modification Ibrahim. It can consider that Multimedia is worthy of learning media when it meets 3 criteria that are valid, practical, and effective. The research instrument for measuring the 3 criteria comprises the study and validation (validity) sheets, activity observation sheets and learners response polls (practicality), and a visual-spatial post-test pre-test sheet and molecular-form geometry (effectiveness). The Multimedia declared valid refers to the result of the content validity percentage of 81%, and the construct validity of 84% in the category is very valid. Multimedia stated practically refers to the outcome of the percentage of student activity implementation between 82.76%-100%, and the student’s positive response between 89.66%-100% in categories is very practical. It states that Multimedia is effective in referring to the N-Gain score of the visual-spatial pre-test post-Test between 0.5714–1.0000, and the results of learning geometry of molecules between 0.3750–1.0000 in medium until high.