Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berbasis penemuan terbimbing yang layak sesuai dengan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teori Kinetik Gas pada kelas XI SMA. Model pembelajaran penemuan terbimbing yang dilatihkan pada siswa dengan menggunakan bantuan media simulasi PhET. Media simulasi PhET dipilih untuk membuktikan hasil dari konsep gas ideal. Pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing di uji coba pada kelas XI di MAN Sidoarjo pada semester genap dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Teknik analisis data diperoleh dari hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis aktivitas siswa, dan analisis tes pemahaman konsep siswa. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa, perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid. Dari keterlaksanaan RPP dapat dikategorikan praktis dan sesuai dengan tahap-tahap model pembelajaran penemuan terbimbing. Hasil belajar siswa meningkat dari hasil perolehan n-gain dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran sangat positif. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian, maka simpulan penelitian ini adalah perangkat pembelajaran Fisika hasil pengembangan berbasis penemuan terbimbing dan media PhET dinilail layak (valid, praktis, dan efektif) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teori Kinetik Gas yang sekaligus menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar.
Kata Kunci: Penemuan Terbimbing, media PhET, Perangkat Pembelajaran, Hasil Belajar
Abstract. The objective of this research to produce physics learning package with guided discovery learning model valid, effective and improved learning result who applied on grade XI senior high school. The learning applied guided discovery model tested on grade XI MAN Sidoarjo programmed used one group pretest posttest design. The method of data collection used observation method and test. Analysis method of research from analysis tested do, analysis of student activity, and analysis of student learning result expert. The research can be obtained that development of physics learning by Guided discovery learning model valid. Lesson plan of guided discovery done step by step, then can describe the category of effective based on guided discovery model. The student’s physics concept improved to describe by n-gain with the highest category. The learning activities on class were most active, positive, and the students given positive response. The conclusion of this research indicates that physics learning with guided discovery learning model are valid, positive and effective to improve the students physics concept and students activity on senior high school programmed.
Keywords: Learning Model, Guided Discovery Learning, PhET Simulation, student learning result