PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK GEMAR MAKAN IKAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
THE DEVELOPMENT OF FISH FOOD LIKE COMIC MEDIA FOR ELEMENTARY SCHOOL V CLASS STUDENTS
Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengkonsumsi ikan membuat pemerintah melakukan gerakan yang diberi nama GEMARIKAN. GEMARIKAN adalah gerakan yang bertujuan untuk membangun rasa individu atau komunitas untuk membangun kesadaran tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, gerakan ini bertujuan agar individu dan masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, khususnya pada usia anak-anak sehingga meningkatkan asupan gizi yang berasal dari bahan pangan ikan. Pengembangan media komik tentang Gemarikan merupakan sarana media yang tepat untuk anak- anak karena materi yang disampaikan melalui media komik mudah dipahami oleh anak. Komik merupakan salah satu media komunikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini dikembangkan media komik makanan sehat yang berfokus pada kegiatan mengkonsumsin ikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui, 1) kelayakan media, 2) keefektifan media dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang manfaat mengkonsumsi ikan, 3) respon siswa terhadap media. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development menggunakan model penggembangan ADDIE( Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data keefektifan media dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang manfaat mengkonsumsi ikan diperoleh dengan menggunakan pre test dan post test, data kelayakan media menggunaka angket validasi media, dan untuk data respon siswa terhadap media komik menggunakan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan 1) kelayakan media komik yaitu 51% untuk aspek fisik dan penokohan, 58% untuk aspek isi dan 54% untuk aspek kegrafisan. Aspek-aspek pada komik ini termasuk dalam kategori cukup, 2) keefektifan media diperoleh dari tes pada siswa kelas V SD ANTAWIRYA dan memiliki nilai sebesar 0,63 dengan kategori peningkatan sedang, 3) hasil respon siswa mendapatkan nilai 97,1% termasuk dalam kategori sangat baik yang artinya komik ini mendapat respon positif dari siswa. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa memberikan respon positif terhadap media komik. Siswa lebih semangat dan tertarik untuk belajar tentang manfaat mengkonsumsi ikan untuk kesehatan manusia.
The low public awareness of the importance of consuming fish has made the government carry out a movement called GEMARIKAN. GEMARIKAN is a movement that aims to build individual or community awareness about the importance of consuming fish, this movement aims to encourage individuals and communities to like to consume fish, especially at the age of children so as to increase nutritional intake from fish food. The development of comic media about Gemarikan is an appropriate media tool for children because the material presented through comic media is easily understood by children. Comics are one of the communication media that can be used as learning media. In this study, a healthy food comic media was developed that focuses on consuming fish. The research aims to determine, 1) the feasibility of the media, 2) the effectiveness of the media in increasing students' knowledge about the benefits of consuming fish, 3) students' responses to the media. This research is included in Research and Development research using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data on the effectiveness of the media in increasing students' knowledge about the benefits of consuming fish were obtained using a pre-test and post-test, data on media feasibility using a media validation questionnaire, and for data on student responses to comic media using a questionnaire sheet. The results showed 1) the feasibility of comics media, namely 51% for the physical and characterization aspects, 58% for the content aspects and 54% for the graphic aspects. Aspects in this comic are included in the sufficient category, 2) the effectiveness of the media is obtained from tests on fifth grade students of SD ANTAWIRYA and has a value of 0.63 with a moderate improvement category, 3) the results of student responses get a value of 97.1% included in the category very good, which means that this comic received a positive response from students. During the learning process, students gave a positive response to the comic media. Students are more enthusiastic and interested in learning about the benefits of consuming fish for human health.