Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan
e-LKPD dan tanpa e-LKPD, serta mengetahui keterlaksanaan kegiatan pembelajaran
antara menggunakan e-LKPD dan tanpa e-LKPD pada mata pelajaran Konstruksi
Gedung kelas XI DPIB di SMKN 2 Surabaya.
Metode
penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Posttest-Only
Control Design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan
observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar antara siswa
yang menggunakan e-LKPD dan siswa yang tanpa e-LKPD. Kelas eksperimen yang menggunakan e-LKPD
memperoleh rata-rata skor 83,60, sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh
rata-rata skor 71,73, dengan selisih rata-rata sebesar 11,87. Uji hipotesis
yang dilakukan dengan uji t menunjukkan bahwa nilai
6,623 >
2,002, serta nilai Sig. 2 tailed 0,001 < 0,05.
Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan e-LKPD secara signifikan meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Gedung dalam elemen estimasi
biaya konstruksi.
Kata
kunci: e-LKPD, hasil belajar, pembelajaran
berbasis teknologi, konstruksi gedung